WhatsApp kembangkan sistem keamanan sidik jari di Android

Jum'at, 11 Januari 2019 | 20:54 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pada Oktober 2019 lalu, WhatsApp mulai mengembangkan fitur yang  memungkinkan pengguna iOS untuk melakukan autentikasi via dua metode keamanan yaitu Face ID dan Touch ID. 

Kini, informasi terbaru mengonfirmasi bahwa WhatsApp akan menghadirkan setidaknya satu dari dua fitur keamanan ke aplikasi Android. Situs Wabetainfo melaporkan WhatsApp versi beta terbaru berbekal fitur yang disebut sebagai Touch ID atau jamak disebut sidik jari.

Dengan fitur baru ini, pengguna WhatsApp dapat melakukan autentikasi menggunakan sidik jari. Opsi sidik jari baru ini telah ditambahkan di tab Privacy dan dapat berfungsi serupa fitur pada aplikasi versi iOS.

Setelah diaktifkan, WhatsApp akan meminta pengguna memindai sidik jari setiap kali mengakses aplikasi. Jika ponsel tidak mendeteksi sidik jari secara tepat, pengguna dapat mengakses WhatsApp menggunakan informasi rahasia perangkat.

Fitur baru ini akan membutuhkan sensor sidik jari dan penggunaan sistem operasi Android Marshmallow atau versi baru dari sistem operasi Android.

Sebelumnya, Facebook sedang mengembangkan cryptocurrency untuk memudahkan transfer uang dari WhatsApp.

WhatsApp mengumumkan update untuk aplikasinya telah dalam proses pengguliran kepada pengguna versi IOS. Update ini berbekal peningkatan yang mempermudah pengguna melakukan panggilan telepon grup.

Pada bulan Desember lalu, WhatsApp dilaporkan mulai melakukan pengujian untuk menghadirkan aplikasi karyanya pada perangkat tersebut. WhatsApp versi tablet kini tersedia untuk diunduh dari Google Play Store, meski hanya tersedia untuk penguji beta. kbc10

Bagikan artikel ini: