Meluncur di Surabaya, ini banderol New Avanza dan New Veloz

Rabu, 16 Januari 2019 | 19:48 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Selang sehari setelah secara resmi diluncurkan di Jakarta, New Toyota Avanza dan New Toyota Veloz diperkenalkan ke publik Surabaya pada Rabu (16/1/2019).

New Toyota Avanza dan New Toyota Veloz dibekali sejumlah fitur kenyamanan. Sentuhan baru yang dibenamkan bukan saja pada sisi eksterior tapi juga interior.

Area General Manager 3 PT Toyota Astra Motor (TAM), Diky Zulkarnaen mengatakan, sentuhan yang diberikan pada New Toyota Avanza dan New Toyota Veloz didasarkan pada kebutuhan pasar dan disesuaikan dengan karakter masyarakat Indonesia.

"Perubahan ini tentu sangat menggoda selera konsumen, karena ke depan Toyota akan terus mengembangkan kendaraan yang valuable, fungsional, serta memiliki durabilitas," katanya pada press conference peluncuran New Toyota Avanza dan New Toyota Veloz di Atrium Tunjungan Plaza 3 Surabaya, Rabu (16/1/2019).

Dipaparkan Diky, meluncurnya New Toyota Avanza dan New Toyota Veloz di awal tahun 2019 ini tampaknya bakal menjadi momen bagi PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk mendongkrak penguasaan pasar di segmen kendaraan low muli purpose vehicle (LMPV).

Menurut dia, segmen MPV masih tetap menjadi andalan karena memberikan kontribusi sekitar 48 persen dari total pasar otomotif di Tanah Air.

"Dari total pasar MPV sendiri, segmen low MPV menyumbang sebesar 61 persen. Sementara Avanza dan Veloz sendiri kontribusinya mencapai 23 persen dari total penjualan Toyota atau 34 persen ke segmen MPV Toyota," ulasnya.

Tak heran, lanjut dia, jika segmen low MPV merupakan pasar yang cukup gemuk, sehingga banyak pabrikan otomotif yang masuk di segmen ini yang membuat persaingan kian ketat. "Namun kita tetap optimis bahwa Avanza dan Veloz akan tetap menjadi pioner di pasar, karena kami didukung jaringan penjualan dan layanan purna jual yang mencapai 326 outlet secara nasional dimana 31 outlet ada di Jatim," tukas Diky.

Operation Manager Jawa Timur Auto2000, Hendra Purnawan menuturkan, kompetisi di pasar otomotif yang kian ketat memicu dealer membutuhkan darah segar agar bisa bersaing secara kompetitif.

"Sehingga kami membutuhkan pasokan baru untuk bersaing yakni melalui kehadiran Avanza dan Veloz terbaru ini," katanya.

Kehadiran New Avanza dan New Veloz tersebut setidaknya diharapkan mampu mengikuti kesuksesan terdahulunya, yang tercatat bertahan sebagai market leader di segmen MPV sejak dipasarkan pada 2004 hingga sekarang dengan total penjualan sebesar 1,7 juta unit secara nasional.

"Sepanjang tahun lalu market di segmen low MPV di Jatim tumbuh 10 persen atau di kisaran 3.300-3.500 unit per bulan. Tahun ini saya rasa market juga akan tumbuh 10 persen menjadi 3.800-4.000 unit," ujar Hendra.

Sementara Avanza dan Veloz sendiri pada bulan Oktober dan November 2018 lalu meraup pangsa pasar sebesar 24 persen dan naik menjadi 25,2 persen pada Desember 2018 di Jatim. Angka ini turun dibandingkan pangsa pasar pada tahun 2017 yang sebesar 31 persen.

"Nah, dengan hadirnya Avanza dan Veloz baru ini kami menargetkan pangsa pasar naik ke angka 30 persen di pasar low MPV di Jatim. Artinya kita mengejar kenaikan sebesar 5 persen pangsa pasar ini yakni meminta ke TAM agar suplai terpenuhi, selain juga memberikan layanan yang baik ke konsumen," paparnya.

Fitur kenyamanan

New Avanza dan New Veloz sendiri menggendong banyak fitur yang sarat akan kenyamanan dan  keamanan. Seperti fitur follow me home light, yang sangat berguna untuk memberikan pencahayaan bagi para penggunanya pada malam hari, saat ingin memasuki hunian.

Head unit pada semua varian New Veloz dan sebagian Avanza menggunakan teknologi touchscreen, steering switch. Disamping itu, semua varian menggunakan sistem audio dengan 6 speaker. Selain itu, untuk semua varian Veloz dan Avanza 1.5 G, head unit, security system back sensor, dan outer mirror-nya juga telah menggunakan integrated system.

Penyegaran juga dilakukan pada bagian rangka dan kaki-kaki. Desain suspensi New Avanza dan Veloz lebih disempurnakan sehingga kendaraan lebih stabil dan nyaman. Keduanya juga mengalami ubahan program pada Electric Power Steering, sehingga lebih enak dikendarai baik dalam kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi.

New Avanza dan New Veloz 2019 lebih senyap dibandingkan pendahulunya, karena improvement pada insulator yang diletakkan di chassis bagian belakang. floor serta dash panel bagian depan, sehingga suara kian kedap memberikan kenyamanan ekstra  untuk seluruh penumpang.

Pada fitur keselamatan, New Avanza dan New Veloz dilengkapi dengan Dual SRS Airbags, Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter, ABS (Anti-Lock Braking System), ISOFIX, 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam, dan Front Passenger Seat belt Warning. 

Di Jawa Timur, New Avanza dan New Veloz dibanderol di kisaran Rp 200 juta hingga Rp 232 juta per unit (on the road). kbc7

Bagikan artikel ini: