Ada pilihan mesin 1.500 cc, Grand New Xenia dibanderol mulai Rp187,1 juta di Surabaya

Jum'at, 18 Januari 2019 | 19:14 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Setelah diluncurkan secara resmi di Jakarta pada 15 Januari 2019 lalu, Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi memperkenalkan model terbarunya, Grand New Xenia ke masyarakat Surabaya.

Kendaraan yang menjadi andalan di segmen low multipurpose vehicle (LMPV) bagi Daihatsu ini diluncurkan di Tunjungan Plaza III Surabaya pada Jumat (18/1/2019).

Chief Operation Officer PT Astra International - Daihatsu Sales Operation, Anton Rusli mengatakan, Grand New Xenia hadir dengan konsep Modern, Tough & Sporty dengan memberikan pilihan varian baru yakni mesin 1.500 cc berteknologi Dual VVT-i.

"Varian ini sengaja kita hadirkan guna memenuhi keinginan masyarakat dalam memiliki kendaraan yang lebih sporty dengan fitur-fitur keamanan yang lengkap," jelasnya saat peluncuran Grand New Xenia di Surabaya, Jumat (18/1/2019).

Meski terbilang varian anyar, namun Anton meyakini jika Grand New Xenia 1.5 L akan memberikan sumbangsih signifikan bagi Daihatsu. "Kita harapkan varian 1.5L ini bisa memberikan kontribusi sebesar 10 persen dari total penjualan Xenia," ujarnya.

Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Yuko Mochida menjelaskan, sepanjang tahun 2018, penjualan ritel Daihatsu mencapai lebih dari 200.000 unit secara nasional atau meningkat 8,1 persen dibanding 2017. Ini merupakan rekor baru penjualan Daihatsu di Indonesia.

"Tahun lalu market share Daihatsu mencapai 17,5 persen. Tahun ini kami  menargetkan penjualan sebanyak 212.000 unit dengan target market share naik menjadi `17,8 persen," ujar Yuko.

Segmen low MPV, Yuko menuturkan, menjadi salah satu penyumbang terbesar di pasar otomotif nasional dengan kontribusinya yang mencapai 27 persen dari total penjualan otomotif nasional yang mencapai 1,125 juta unit pada tahun lalu.

"Tahun lalu kompetisi di pasar low MPV cukup ketat karena pasar disesaki oleh 7 brand di segmen ini. Xenia sendiri tahun lalu penjualannya rata-rata sekitar 2.500 unit per bulan atau turun 8-9 persen dibanding tahun sebelumnya yang rata-rata mencapai 2.700 unit per bulan," ungkap Yuko.

Oleh karena itu, dengan kehadiran Grand New Xenia ini diharapkan penjualannya bisa meningkat atau ditargetkan bisa terjual 3.000 unit per bulan secara nasional.

Sementara untuk pasar Jawa Timur, menurut Budhy Lau selaku Kepala Wilayah Astra Daihatsu Jawa Timur, pada tahun lalu pasar otomotif di Jatim naik 8 persen dibanding tahun sebelumnya. Pihaknya optimis dalam dua tahun ke depan pasar akan terus bertumbuh seiring dengan telah dibangunnya infrastruktur khususnya jalan tol.

Market share Daihatsu sendiri tahun lalu memang turun dibandingkan tahun sebelumnya menjadi di kisaran 20,5 persen di wilayah Jawa Timur. Nah, dengan pertumbuhan pasar serta hadirnya varian baru seperti Grand New Xenia ini, kami akan kejar market share ke angka 22 persen. Kami optimistis bisa tercapai," ujar Budhy.

Keyakinan Budhy sendiri tak lepas dari berbagai perubahan dan fitur-fitur baru yang dibenamkan di Grand New Xenia yang dinilainya memberikan value for money bagi konsumen. 

Apa saja perubahan yang digendong di Grand New Xenia? 

Pada sisi eksterior, Grand New Xenia tampil lebih stylish dengan desain baru pada sisi bumper depan, belakang, serta alloy wheel, memberikan tampilan yang lebih dinamis. Desain baru lampu depan (headlamp) dan belakang, serta penggunaan LED Headlamp, membuat tampilan menjadi modem, pencahayaan lebih terang, fokus, namun tetap hemat daya.

Pada sisi interior, Grand New Xenia juga memberikan suasana kabin berbeda, yakni new 2 tone colors, desain Center Cluster dengan sentuhan black piano, dipadukan teknologi kekinian digital AC memberikan kesan mewah dan kemudahan bagi penggunanya. Pada sisi audio, Grand New Xenia menawarkan Z-DIN touchscreen audio di semua varian. Pada beberapa varian, audio sudah didukung oleh teknologi konektivitas yang dapat menghubungkan audio dengan smartphone.

Dengan disematkannya tombol pengaturan audio pada posisi stir kemudi, power outlet pada baris pertama dan kedua, audio speakers di 6 titik, semakin memberikan kenyamanan dan keasyikan tersendiri saat digunakan berkendara. Dengan adanya shark fin antena, selain Iebih styiish, juga menghasilkan kualitas suara yang jernih.

Grand New Xenia juga dilengkapi dengan rear camera, sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan daiam berkendara. Tak hanya itu, khusus untuk Grand New Xenia 1.5, dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lebih advanced, seperti Anti Lock Brake System (ABS) dan Electronic Bmkeforce Distribution (EBD).

Grand New Xenia memiliki total 8 piiihan warna, yang diantaranya terdapat 3 pilihan warna baru, yaitu Pear! White, Bronze Metailic, dan Blue Metallic. Disusul 5 warna lainnya, yakni Icy White, Classic Silver, Dark Red Metallic, Dark Grey Metallic, dan Midnight Black. 

Untuk pasar Surabaya, harga on the road Grand New Xenia dipatok mulai Rp 187,1 juta sampai Rp 232,2 juta. kbc7

Bagikan artikel ini: