Terus pikat nasabah baru, Pegadaian genjot program Kemilau Emas

Senin, 21 Januari 2019 | 12:40 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Pegadaian (Persero) terus mempertahankan program  Kemilau Emas Pegadaian di tahun 2019 ini  Hal  itu tak lepas dari kontribusi program yang bisa menarik nasabah baik lama maupun baru. 

Apalagi di tahun 2019 ini, Pegadaian menargetkan akan ada peningkatan jumlah nasabah hingga 23,5 persen atau menjadi 12,3 juta nasabah. 

"Program Kemilau Emas Pegadaian bagi kami adalah bentuk apresiasi kepada nasabah. Dengan harapan nasabah juga semakin loyal kepada kami dan masyarakat yang belum menjadi nasabah, menjadi tertarik untuk menjadi nasabah kami," kata Kuswiyoto, Direktur Utama PT Pegadaian (Persero), di sela kegiatan pengundian Kemilau Emas Pegadaian di Kantor Wilayah (Kanwil) XII Surabaya, Sabtu (19/1/2019). 

Menurut Kuswiyoto, tahun ini pihaknya lebih agresif lagi dalam menggaet nasabah. Termasuk UMKM dan milenial, karena masih banyak ruang untuk menumbuhkan di segmen itu. Selain itu, juga akan mengembangkan produk-produk inovatif lainnya. 

Nasabah Pegadaian pada tahun lalu mencapi 10 juta, naik 9,4 persen dari 2017 sekitar 9,5 juta nasabah. "Banyak ruang untuk melakukan terobosan agar target tahun ini bisa dicapai, seperti meluncurkan fintech misalnya. Di era digital ekonomi dan terus bertumbuhnya fintech dan gadai swasta, mendorong kami untuk terus berinovasi," tambah Kuswiyoto. 

Pihaknya juga optimistis bahwa dampak dari bermunculannya gadai swasta dan fintech, belum akan menggerus bisnis Pegadaian. Mengingat market share industri pergadaian nasional masih dikuasai oleh Pegadaian yaitu diatas 90 persen. 

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan bahwa pada Oktober 2018 jumlah perusahaan gadai swasta yang telah mendapatkan izin sebanyak 16 perusahaan. Sedangkan perusahaan yang baru terdaftar di OJK sebanyak 41 perusahaan gadai. Sementara itu, perusahaan fintech swasta yang telah mendapatkan izin OJK baru 1 perusahaan dan yang terdaftar di OJK sebanyak 77 perusahaan.

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) XII Pegadaian Surabaya, Suprianto, menambahkan, saat ini kontribusi nasabah Kanwil XII terhadap nasional mencapai 17 persen. "Juga akan teruskan, untuk bisa mengalami peningkatan, untuk mendorong atau menambah kontribusi terhadap peningkatan nasabah secara nasional," kata Suprianto. 

Sementara itu terkait program Kemilau Emas Pegadaian, pada awal tahun ini diberikan kepada nasabah Pegadaian  konvensional dan syariah berupa tabungan emas senilai 8,2 kilogram emas dan sejumlah paket umroh.Sudah digelar untuk yang kelima kalinya,dengan Grand Prize 2 hadiah  tabungan emas senilai 500 gram untuk nasabah konvensional, serta 1 hadiah  tabungan emas senilai 250 gram untuk nasabah syariah. Adapun hadiah lainnya antara lain berupa 12 paket umroh serta ratusan hadiah  tabungan emas. Kegiatan yang digelar di atrium mal Royal Plaza dengan bintang tamu group band Payung Teduh itu, merupakan akhir dari rangkaian Program Kemilau Emas Pegadaian 2019 yang dilaksanakan serentak di 11 kota, mewakili 12 kanwil Pegadaian secara nasional. kbc9

Bagikan artikel ini: