Fokus smartphone, Nokia pastikan belum lirik pasar tablet dan smartwatch

Selasa, 22 Januari 2019 | 18:03 WIB ET

HELSINKI, kabarbisnis.com: Perusahaan pemegang merek ponsel cerdas Nokia, HMD Global memastikan jika mereka tidak berencana langsung untuk mengeksplorasi kategori produk di luar smartphone. Alasannya, fokus tinggi sangat dibutuhkan dalam bisnis ponsel cerdas saat ini.

Namun ini tidak 100% benar. Menurut salah satu sumbet Nokia yang dapat dipercaya, HMD Global sempat memiliki jam tangan pintar (smartwatch) yang sedang dikembangkan di masa lalu. Sayangnya proyek itu diakhiri tanpa hasil. Detail tentang produk tertentu tidak disediakan, tapi diasumsikan akan menjalankan OS Google. 

Bersamaan dengan wearable, sumber itu juga mengungkapkan, tablet bermerek Nokia sempat dibangun dan akhirnya dihapus juga dari rencana produksi. 

Seperti yang disebutkan dalam wawancara, tampaknya produk-produk ini semuanya dihapus karena fokus HMD Global pada pengembangan bisnis smartphone. Tahun ini perusahaan berharap menumbuhkan kehadirannya di AS dan lebih fokus pada flagship generasi berikutnya. 

Untuk diketahui, selama beberapa tahun terakhir pasar tablet terus menyusut dan sekarang hanya segelintir pemain kunci yang tetap tertarik bermain. Demikian pula pasar smartwatch yang didukung OS Wear. kbc10

Bagikan artikel ini: