Hemat ketat, Huawei pangkas pegawai hingga proyek tak menguntungkan

Rabu, 23 Januari 2019 | 07:54 WIB ET

BEIJING, kabarbisnis.com: Perusahaan teknologi Huawei berencana mengurangi pegawai mereka demi mengurangi pembiayaan. Perusahaan pun mengajak pegawai agar siap menghadapi masa-masa sulit.

Dilansir dari Caixin Global, kabar itu terkuak melalui memo internal dari pendiri Huawei, yakni Ren Zhengfei. Pengurangan pegawai ini dilakukan untuk penghematan. Ia juga menyebut perlunya perusahaan agar menilai keadaan ekonomi dengan lebih baik pada kedepannya.

"Dalam beberapa tahun ke depan, situasi tidak seoptimistis yang kita bayangkan. Kita harus bersiap menghadapi masa sulit," ujar Ren Zhengfei.

Ia menyebut tak hanya pegawai yang akan berkurang, beberapa proyek yang tidak menguntungkan Huawei juga akan dihentikan.

Tidak ada angka yang ia sebutkan, tetapi ia menyebut perusahaan tidak akan melakukan pemberhentian kerja secara besar-besaran, demikian laporan technode.

Pesan tersebut beredar di kala terjadinya perlambatan ekonomi di China. CEO Apple Tim Cook turut menyebutkan perlambatan itu memberikan efek pada penjualan Apple yang menurun.

Berdasarkan rilis data terbaru, ekonomi China memang terpantau melambat dalam 28 tahun terakhir. Naiknya pengangguran pun membayangi kondisi ini.

Tak hanya Huawei dan Apple yang mulai ambil tindakan di tengah kondisi ekonomi terkini, sebelumnya dikabarkan Bloomberg bahwa Alibaba juga mengurangi dana anggaran bepergian dan menunda mempekerjakan pegawai baru. Stimulus pun diberikan pemerintah ke beberapa sektor, salah satunya sektor otomotif. kbc10

Bagikan artikel ini: