Sah! Semen Indonesia caplok saham Holcim Rp12,95 triliun

Jum'at, 1 Februari 2019 | 11:34 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) resmi mengakuisisi mayoritas saham PT Holcim Indonesia Tbk pada tanggal 31 Januari 2019. Semen Indonesia mencaplok saham Holderfin B.V. yang ditempatkan dan disetor di PT Holcim Indonesia Tbk.

Pengambilalihan tersebut dilakukan melalui anak usaha Semen Indonesia, yaitu PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB),

 

Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia, Agung Wiharto, menjelaskan, total saham Holcim yang dibeli Semen Indonesia adalah 6,17 miliar lembar saham dengan harga per sahamnya Rp2.097. Sehingga total harga pembelian adalah Rp12,95 triliun.

Dengan aksi korporasi tersebut, kini Semen Indonesia menguasai 80,64 persen saham Holcim Indonesia.

"Tujuan pengambilalihan saham ini antara lain untuk memperluas jaringan pabrik semen di dalam negeri; memperluas diversifikasi jenis produk yang ditawarkan; meningkatkan efisiensi, khususnya biaya distribusi dan bahan baku," ujar Agung Wiharto, Jumat (1/2/2019).

Selain itu, untuk memperkuat posisi bisnis ready mix dengan berbagai variasi produk dan solusi, serta memperkuat sinergi di berbagai bidang untuk meningkatkan efisiensi. kbc10

Bagikan artikel ini: