Google tendang 29 aplikasi kamera pembawa malware

Rabu, 6 Februari 2019 | 10:36 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Berawal dari hasil temuan Trend Micro yang menyebutkan terdapat 29 aplikasi filter kamera dan beauty camera berisi malware di Play Store. Berdasar dari temuan itu, Google pun lekas menghapus 29 aplikasi tersebut.

Dilaporkan Phone Arena, Senin (4/2/2019), aplikasi-aplikasi bermasalah tersebut populer di wilayah Asia, serta berfungsi untuk membuat hasil selfie menjadi lebih baik, dan mengedit foto.

Kasusnya adalah ketika aplikasi tersebut dibuka, akan menampilkan iklan satu layar penuh ketika pengguna mengunci ponsel. Ketika diketuk, iklan tersebut tiba-tiba mengunduh pemutar konten pornografi online yang tidak dapat berfungsi setelah pengguna melakukan pembayaran.

Lebih buruk lagi, beberapa aplikasi mencoba teknik phishing untuk mendapatkan informasi pribadi pengguna. Selain itu, ada beberapa aplikasi filter kamera yang memungkinkan pengguna mengunggah gambar ke server developer untuk hasil yang lebih baik.

Namun alih-alih mendapatkan yang diinginkan, pengguna justru mendapatkan pemberitahuan palsu dalam sembilan bahasa. Aplikasi ini kemungkinan mengumpulkan foto-foto yang diunggah untuk digunakan di berbagai akun media sosial palsu.

Para penjahat siber yang menyisipkan malware tersebut juga membuat proses penghapusan beberapa aplikasi menjadi lebih sulit. Pasalnya ketika aplikasi sudah dipasang di ponsel, ikonnya disembunyikan sehingga pengguna kesulitan untuk menghapusnya. kbc10

Bagikan artikel ini: