Sambut Hari Pers Nasional, MPM latih jurnalis safety riding.

Kamis, 7 Februari 2019 | 17:49 WIB ET

SIDOARJO, kabarbisnis.com: PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) selaku distributor sepeda motor Honda wilayah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur menggelar pelatihan safety riding yang ditujukan bagi para jurnalis di Surabaya.

Kegiatan yang berlangsung di MPM Safety Riding Course Sedati, Sidoarjo, pada Kamis (7/2/2019) ini sekaligus untuk menyambut Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada tanggal 9 Februari.

Corporate Secretary  Head PT MPM, Vinensia Kenanga mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para pewarta berita agar tetap mengutamakan keselamatan di jalan pada saat mencari berita . 

"Para wartawan mobilitasnya tinggi dalam mencari berita. Untuk kecepatan dan ketepatan sampai di lokasi liputan banyak yang menggunakan motor. Cari_Aman di jalan penting buat para wartawan untuk bisa lancar sampai di tujuan. Untuk itu kami dari MPM mengadakan training safety riding sebagai bekal rekan-rekan wartawan agar aman dan lancar saat di jalan,” katanya di sela pelatihan safety riding.

Dengan mengambil tema Cari_Aman Sebelum Cari Berita ini didiikuti oleh jurnalis maupun fotografer dari media cetak dan online. Diawali dengan pemberian teori dasar-dasar ketrampilan, Selanjutnya masing masing peserta diajak untuk praktik berkendara. Praktik safety riding yang diberikan meliputi braking, narrow plank dan slalom course.

Instruktur Safety Riding MPM, Yudistira mengatakan bahwa pengetahuan tentang keselamatan berkendara sangat penting termasuk bagi para jurnalis yang notabene setiap hari harus berburu berita.

“Tetapi yang harus diperhatikan adalah tujuan awal harus aman. Aman di sini kita musti tahu bagaimana cara berkendara dengan baik dan bagaimana teknik keselamatan berkendara,” ujarnya.

Data di Kepolisian RI pada 2015 menunjukkan bahwa dalam 1 hari terdapat 262 kecelakaan lalu lintas. Dimana dari angka itu, sebanyak 77 orang meninggal atau setara 3 orang meninggal di jalanan setiap jam. Dan sebagian besar kasus kecelakaan itu melibatkan sepeda motor.

Dijelaskannya, ada tiga hal yang menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan, pertama faktor manusia, kedua faktor kendaraan dan ketiga faktor lingkungan. Untuk itulah ada beberapa langkah penting yang harus dipersiapkan dan dilakukan pengendara motor agar selamat dari kecelakaan.

“Perlu ditegaskan bahwa motor bukan alat pembunuh, tetapi motor adalah alat transportasi yang paling irit dan praktis. Karena faktor yang mendasar terjadinya kecelakaan diantaranya adalah faktor manusianya sendiri, misalnya pengetahuan yang kurang, teknik berkendara yang kurang baik serta kesehatan yang terganggu,” tegasnya.

Ditegaskannya, selain melakukan penjualan produk sepeda motor, MPM juga bertanggung jawab kepada konsumennya, dengan membekali mereka dengan pelatihan safety riding. Untuk itulah, pihaknya juga terus gencar mengkampanyekan tagline Cari Aman ke masyarakat, sekolah-sekolah, komunitas dan perusahaan-perusahaan.

Setiap hari Kamis, MPM mengadakan pelatihan safety riding di MPM Safety Riding Center di MPM Sedati Sidoarjo. "Pelatihan tersebut terbuka untuk umum baik pemula yang ingin lulus uji SIM sampai masyarakat luas yang ingin meningkatkan skill berkendaranya," imbuhnya. kbc7

Bagikan artikel ini: