BTN telah biayai 4,5 juta unit rumah senilai Rp523 triliun

Senin, 11 Februari 2019 | 09:01 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN telah menyalurkan kredit senilai Rp 523 triliun dalam kurun waktu 69 tahun tersebut. Kredit terbesar disalurkan di sektor perumahan.

BTN sendiri tahun ini memperingati hari jadinya yang ke 69.

"BTN sudah memberikan kontribusi positif kepada masyarakat khususnya di bidang perumahan. Banyak sekali yang sudah dilakukan, baik di pendahulu-dahulu kita, baik saat ini," kata Direktur Utama BTN Maryono dalam acara Charity Funwalk, di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (10/2/2019).

Dia mengungkapkan total kredit tersebut telah dinikmati oleh lebih dari 4,5 juta keluarga di seluruh Indonesia. Sehingga, hal tersebut memacu BTN untuk terus berinovasi untuk memudahkan masyarakat berpenghasilan rendah hingga milenial.

"Tapi yang paling nyata dan paling tinggi, itu dengan program pemerintah 4 tahun ke belakang. Yaitu program 1 juta rumah. Kalau yang dulu sebelumnya programnya oke. Tapi jumlahnya tidak sebsar program 1 juta rumah," ujarnya.

Selain itu, di tahun ke-69 nya ini BTN berhasil mencatatkan aset perusahaan lebih dari Rp 300 triliun atau naik sekitar 17 persen dibandingkan pada tahun 2017 yang tercatat Rp 261,5 triliun.

Peningkatan aset Bank yang fokus pada kredit perumahan tersebut diiringi dengan pertumbuhan kredit yang positif, meski dalam kurun waktu lima tahun terakhir terjadi gejolak ekonomi global. "Kinerja kita sudah mulai membaik. Aset kita 4 tahun lalu hanya masuk ke urutan 10, sekarang masuk ke 5 besar," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: