TKD Jatim galang suara keluarga pekerja migran untuk Jokowi

Selasa, 19 Februari 2019 | 05:57 WIB ET

SURABAYA - Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur untuk pemenangan Jokowi-KH Maruf Amin mulai menggarap suara keluarga besar pekerja migran. Suara mereka cukup signifikan di sejumlah daerah di Jatim. Tercatat ada lebih dari 70.000 pekerja migran asal Jatim.

“Secara sektoral, semua segmen kami garap. Ya salah satunya memang keluarga pekerja migran. Ada banyak kantong-kantongnya. Ini kami masuki satu per satu. Kapan hari di Ponorogo dan Malang, lalu di Jember kami juga mulai masuk,” ujar Ketua TKD Jatim Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin, Senin (18/2).

Mantan Kapolda Jatim itu optimistis Jokowi mendapat dukungan dari keluarga pekerja migran karena selama ini telah menerapkan kebijakan pro-pekerja migran.

“Selama lima tahun terakhir, Pak Jokowi membangun fondasi yang kokoh bagi upaya-upaya perlindungan pekerja migran,” ujar Machfud.

Di antaranya dengan melahirkan Undang-Undang 18/2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia.

“Pada level ASEAN, Pak Jokowi meratifikasi Konvensi ASEAN Melawan Perdagangan Manusia. Pemerintah juga aktif menginisiasi pembentukan ASEAN Consensus on Protection and Promotion The Rights of Migrant Workers yang disepakati seluruh negara Asia Tenggara,” ujar Machfud.

Selama pemerintahan Jokowi juga telah dilakukan pembebasan 443 buruh migran dari ancaman hukuman mati.

“Diplomasi tulus yang dibangun Pak Jokowi telah mampu memikat dunia internasional, dan itu sangat membantu dalam mengadvokasi persoalan-persoalan yang dihadapi pekerja migran,” ujarnya.

Jokowi, sambung Machfud, juga mendorong pemberdayaan pekerja migran dan keluarganya lewat desa migran produktif.

“Itu sejak dari desa mereka dimanusiakan. Yang punya anak, diberi ilmu parenting yang bagus. Yang mau memulai usaha, ada pelatihan dan permodalan. Itu semua sudah dijalankan Pak Jokowi. Makanya pilih yang sudah bekerja, masak mau milih yang cuma baru janji, yang cuma bisa bikin kampanye sandiwara,” ujarnya.

Bagikan artikel ini: