Mandom bidik kenaikan penjualan 10 persen di tahun ini

Kamis, 21 Februari 2019 | 14:06 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Mandom Indonesia Tbk (TCID) membidik pertumbuhan penjualan sebesar 5% hingga 10% hingga akhir tahun 2019 ini.

Hal itu ditopang pertumbuhan penjualan dalam negeri dalam kisaran dua digit. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Sekretaris Perusahaan TCID Alia Dewi mengatakan, target perseroan pada tahun 2019 tersebut, ditetapkan berdasarkan pertemuan tahunan yang baru saja digelar.

”Pertemuan itu berlangsung bersama agen, perwakilan dan para pemegang saham perseroan,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan laporan keuangan belum audit perseroan mencatakan laba bersih tahun 2018 sebesar Rp173,05 miliar, setelah mencatatkan penjualan sebesar Rp2,65 triliun. Dengan rincian, penjualan eksport Rp697,9 miliar dan penjualan dalam negeri sebesar Rp1,95 triliun. Sedangkan berdasarkan laporan keuangan tahun 2017 telah audit, emiten produsen perawatan rambut ini mencatatkan laba bersih sebesar Rp162 miliar dan penjualan Rp2,077 triliun.

Selama ini, pasar domestik memang menjadi tulang punggung kinerja TCID. Strategi Mandom Indonesia untuk memfokuskan penjualan pada produk fast moving terbukti dapat mendukung pencapaian penjualan domestik tersebut. Untuk mengimbangi strategi di pasar domestik, perseroan juga memperluas pasar ekspor yakni dengan menambah varian produk yang didistribusikan.

Sejumlah produk yang menjadi andalan TCID di pasar antara lain produk perawatan rambur dan produk perawatan kulit. Kedua segmen ini menjadi kontributor terbesar kinerja perseroan sepanjang tahun lalu. kbc10

Bagikan artikel ini: