Indonesia jadi pasar empuk bagi unicorn

Rabu, 27 Februari 2019 | 08:46 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Indonesia dipandang sebagai pasar yang menjanjikan ketika berbicara ekonomi digital atau platform bisnis yang disebut e-commerce.

"Indonesia adalah potensi besar untuk lakukan ini karena kan penduduk kita banyak dan 40 persen lebih masyarakat kita belum punya rekening dan belum cukup pembinaan literasinya," kata Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso di Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Dia menambahkan, tidak akan melarang keberadaan unicorn di dalam negeri untuk terus bertumbuh. Lantaran, unicorn banyak membawa manfaat bagi masyarakat. Menurutnya, yang perlu diperhatikan ialah menjaga dan memonitor keberadaan unicorn ini didalam negeri.

"Kemudian bagaimana kita bisa memonitor dengan jelas dan kita berikan koridor bagaimana mereka operasinya itu kuat," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Rudiantara menyebutkan merupakan tugas pemerintah untuk mempermudah dari sisi regulasi untuk pertumbuhan unicorn didalam negeri. Sebab, unicorn justru membawa banyak kemudahan bagi hidup orang banyak.

"Unicorn itu cara baru untuk selesaikan masalah, kenapa startup di Indonesia tumbuh cepat karena mereka selesaikan permasalahan di masyarakat. Saya tanya, mau enggak Gojek ditutup di Indonesia? Enggak kan? Mau pesen tiket harus ke travel biro karena tidak ada traveloka," ujarnya.

Menurut dia, pemerintah justru perlu mendukung keberlangsungan unicorn mengingat fungsinya sebagai enabler atau alat yang mempermudah hidup banyak masyarakat.

"Teknologi ini bertindak sebagai enabler atau alat. Kita harus dorong startup di Indonesia karena muncul pemikiran-pemikiran baru, cara-cara baru," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, pemerintah perlu memfasilitasi kehadiran unicorn di dalam negeri. "Juga pemerintah bukan hanya menerapkan laytouch regulation tapi juga fasilitasi dengan kembangkan 1000 startup dengan ekosistem karena banyak anak muda jago teknologi. Kita fasilitasi properly bagaimana mereka bisa diakselerasi," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: