Twitter mulai uji coba fitur sembunyikan cuitan balasan

Senin, 4 Maret 2019 | 08:58 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Twitter diketahui tengah menguji coba fitur untuk menyembunyikan balasan atas cuitan orang lain. Fitur ini membuat pengguna bisa memoderasi balasan dengan opsi menyembunyikan cuitan yang tidak diinginkan.

Fungsi utama fitur ini sebenarnya untuk menyaring balasan cuitan yang tidak diinginkan muncul dalam percakapan.

Kemunculan fitur ini sebelumnya diungkap oleh Jane Manchun Wong. Fitur menyembunyikan balasan ini membuat cuitan yang disembunyikan tidak bisa dilihat oleh pengikut.

Agar lebih jelas, fitur ini tidak menghilangkan reply tersebut. Pasalnya, Anda dan pengikut Anda bisa tetap melihat dengan pilihan "View Hidden Tweet". 

Senior product manager Twitter Michelle Yasmeen Haq mengonfirmasi kemunculan fitur tersebut dalam sebuah cuitan. Ia mengatakan Twitter akan menguji coba secara publik fitur tersebut dalam beberapa bulan ke depan.

Kemunculan fitur ini dilakukan untuk menekan percakapan yang sehat antar pengguna Twitter. Layanan mikroblogging ini hendak mencegah agar platform tidak menjadi tempat beracum lewat percakapan yang tidak terkontrol.

"Kami ingin membuat percakapan yang mereka mulai sesehat mungkin dengan memberi mereka kendali Kami menganggap percakapan sebagai ekosistem dari kelompok yang berbeda: penulis, pengulang, audiens, dan platform. Kami menyeimbangkan pengalaman mereka," kata Haq seperti mengutip Mashable.

Dilansir dari Slashgear, untuk moderasi komentar sebenarnya saat ini Twitter sudah memiliki fitur 'mute' dan blokir. Namun, fungsi kedua fitur tersebut hanya untuk orang yang membungkam dan blokir akun.

Kedua fitur tersebut tetap memperlihatkan jelas cuitan di bagian percakapan bagi pengguna lain. Haq menjelaskan fitur ini berguna bagi pembuat cuitan untuk menyembunyikan balasan yang dianggap tidak setuju dengan pendapat mereka. kbc10

Bagikan artikel ini: