Ekonomi diramal bakal kalahkan China pada 2028

Senin, 11 Maret 2019 | 07:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Indonesia masuk ke posisi 5 besar dalam daftar negara berkembang yang diprediksi akan menguasai ekonomi global versi Oxford Economics. Dengan beragam sumber daya alam yang dimiliki dan pertumbuhan ekonomi yang berjalan baik, diyakini Indonesia bisa kalahkan negara lainnya.

Oxford Economics telah melakukan riset, pada 2028 nanti hampir sebagian besar negara Asia akan menguasai ekonomi dunia, dengan beberapa negara dari benua Amerika dan Afrika.

Dilansir dari Business Insider,  ekonomi Indonesia diproyeksi memiliki pertumbuhan yang besar dan menjadi pemain dominan di Asia. Para pemain signifikan seperti China, Turki, dan Malaysia pun diprediksi kalah oleh pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

Faktor-faktor yang memainkan peran penting ialah faktor GDP dan kuatnya produktivitas. Selain itu, kemampuan pendanaan suatu negara serta pertumbuhan tenaga kerja juga ikut dipertimbangkan.

"Diberkahi dengan sumber daya alam yang berlimpah dan terus mengurangi ketergantungan dari pendanaan asing, Indonesia tampak siap menjadi pemain kunci dengan pertumbuhan 5,1 persen," tulis Business Insider.

Di Asia Tenggara, satu-satunya negara berkembang yang akan melewati Indonesia adalah Filipina. China sendiri kalah karena pertumbuhan ekonominya akan melambat dalam satu dekade ke depan. kbc10

Bagikan artikel ini: