Akulaku klaim kucurkan Rp9,8 triliun ke pedagang kecil

Kamis, 14 Maret 2019 | 08:40 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perusahaan layanan kredit online di Indonesia, Akulaku mengklaim sepanjang 2018 telah menyalurkan kredit hingga triliunan rupiah ke kalangan pedagang kecil.

"Penyaluran kredit, sejauh ini data yang saya dapat dari menajemen adalah sekitar 9,8 triliun," kata Anggie Setia Ariningsih, Direktur Corporate Affairs adn Public Relation Akulaku Indonesia, di Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Anggie mengatakan, besarannya penyaluran kredit itu karena ditopang dari pengguna Akulaku yang terus bertambah. Berdasarkan data terbaru, ada sekitar 15 juta user dan tahun ini ditargetkan terus bertambah.

"Target kami 2-3 kali lipat di tahun ini," ujarnya.

Anggie menyebutkan, pihaknya selama ini fokus memberikan kredit kepada pelaku usaha kecil.

"Sebenarnya rahasia sih, kalau persentasenya saya enggak bisa bilang. Tapi dari (jumlah mitra) demografinya adalah usahanya kecil, yang benar-benar dengan (usaha) gerobak sama yang punya kedai," sebutnya.

Dia menyebutkan, saat ini Akulaku sedang mematangkan terobosan baru yang diharapkan dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat Indonesia untuk mengakses keuangan.

"Saya punya secret mission untuk menembak satu target market lagi, yang bisa lebih merangkul banyak masyarakat Indonesia. Jadi kita sekarang masih masuk di (usaha) gerobak dan kedai, insya alllah ke depan kita jajaki dengan market lain. Kita terus on going," ucapnya.

Guna meningkatkan penggunanya, Akulaku menggelar event "KarnavAL Akulaku", pada 16-17 Maret mendatang di Bintaro Jaya Echange Mall. Ini juga bertujuan untuk mengedukasi dan mensosialisasikan tentang keamanan penggunaan layanan keuangan digital di Indonesia.

Pasalnya, tingkat literasi dan inklusi keungan di Tanah Air dinilai masih rendah. Sehingga dibutuhkan upaya lebih aktif untun meningkatkannya.

"KarnavAL Akulaku digelar sebagai salah satu cara kami untuk hadir semakin dekat dengan seluruh pelanggan setia kami. Ini juga sebagai bentuk komitmen dalam mendukung kemajuan bisnis rekanan kami dengan menyediakan platform agar mereka bisa menjangkau lebih banyak pelanggan," ucap dia. kbc10

Bagikan artikel ini: