Platform besutannya alami gangguan, ini jawaban jubir Facebook

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:12 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Sebagian pengguna platform besutan Facebook seperti Messenger, WhatsApp dan Instagram mengeluhkan adanya gangguan pada aplikasi tersebut sejak Rabu (13/3/2019) malam.

Atas hal ini, juru bicara Facebook Indonesia tak memungkir adanya gangguan yang terjadi tersebut. "Iya nih (benar)," ujar juru bicara Facebook Indonesia, Kamis (14/3/2019).

Namun, Facebook tidak menjelaskan secara pasti kenapa semua platform besutan Mark Zuckerberg itu mengalami gangguan. Juru bicara itu hanya menyatakan bahwa Facebook sedang berusaha untuk memperbaiki agar kembali seperti semula.

Facebook juga tidak menyebutkan kapan waktu mulainya gangguan dan kembali nolmal. "Kayaknya hampir semua kena ya? Gak bisa akses semua Apps kita. Tapi sedang diusahakan untuk kembali normal lagi semuanya nih," katanya.

Di beberapa negara, Facebook dan Instagram juga dikabarkan mengalami gangguan sejak Rabu sore. Namun saat ini, pengguna dapat membuka kedua platform dan beberapa layanan tampaknya telah dipulihkan. Pengguna melaporkan masalah dengan mengirim pesan di Messenger, memposting di semua produk Facebook.

Menurut laman The Verge, Rabu (13/3/2019), WhatsApp awalnya tampak baik-baik saja, namun pengguna beberapa negara seperti Paraguay, India, Bangladesh, Argentina dan banyak lagi mencatat bahwa mereka mulai mengalami masalah pengiriman pesan.

Laman DownDetector menunjukkan bahwa mereka yang berada di Brasil mengalami pemadaman paling parah. The Verge menguji beberapa akun miliknya dan menemukan bahwa Facebook Messenger tidak dapat bekerja sama sekali di desktop, meskipun aplikasi seluler berfungsi.

Bahkan Instagram jauh lebih buruk, bagi sebagian pengguna, unggahan tidak bisa dimuat, Instagram Story gangguan, dan pesan langsung serta tombol untuk mengirim konten baru juga tidak berfungsi. Bagian iklan Facebook juga tidak berfungsi. kbc10

Bagikan artikel ini: