Dibuka mulai besok, pendaftaran mudik gratis tujuan Jateng, Jatim dan Sumatera

Selasa, 19 Maret 2019 | 17:54 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Periode libur lebaran akan berlangsung dalam beberapa bulan mendatang. Untuk mengantisipasi kemacetan dan menekan angka kecelakaan lalu lintas, pemerintah kembali mengimbau masyarakat untuk menggunakan transportasi massal saat mudik.

Untuk itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka pendaftaran program mudik gratis menggunakan moda transportasi darat. Pendaftaran bisa dilakukan mulai secara online mulai Rabu (20/3/2019).

"Pendaftaran online bisa besok 20 Maret, manual akhir maret atau awal april. Daftarkan lewat mudikgratis.dephub.go.id," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi saat jumpa pers di kantornya, Selasa (19/3/2019).

Untuk mudik lebaran tahun ini, Kemenhub menyiapkan 1.200 bus dari Jabodetabek menuju 40 kota di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera. Adapun target penumpang yang akan diangkut mencapai 54.000 orang.

Cirebon, Banjarmasin (via Tasikmalaya dan ciamis), Kuningan, Slawi (Via Tegal), Pemalang, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Kudus, Pati, Blora, Purwodadi, Salatiga, Boyolali, Solo, Sragen, Klaten, Wonogori, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Temanggung, Wonosobo, Kebumen, Puwokerto, Banjarnegara, Cilacap, Madiun, Tuban, Mojokerto, Kediri, Malang, Pacitan, Lampung, Palembang, dan Padang.

"Kebijakan agak berbeda dengan tahun lalu baik kualitatif maupun kuantitatif, kalau di 2018 mudik gratis kita ada sekitar 1.073 bus. Tahun 2019 ditambah menjadi 1.200 bus. Kemudian kota tujuan ini sangat penting sekali, tahun lalu 32, sekarang saya tambahkan menjadi ke 40 kota tujuan, termasuk di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Lampung, Palembang dan Padang," paparnya.

Selain itu, Kemenhub kembali menyediakan angkutan sepeda motor gratis, dengan rincian sebanyak 100 truk dengan kapasitas angkut sebanyak 3.500 unit sepeda motor.

"Jumlah truk buat angkut sepeda motor. Prinsipmya di moda darat, laut, kereta api untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi terutama sepeda motor karena rawan kecelakaan, kasihan juga kalau bawa anak, barang sampai jauh-jauh. Jadi kita tingkatkan dari 70 menjadi 100 truk," jelasnya.

Adapun jumlah anggaran yang telah disiapkan untuk program mudik gratis ini senilai Rp 34,55 miliar, meningkat 20 persen dari tahun sebelumnya sebesar Rp 27 miliar. kbc10

Bagikan artikel ini: