Dideklarasikan, GenPI Wakatobi jadi garda terdepan wisata Caribbean Van Celebes

Sabtu, 23 Maret 2019 | 18:24 WIB ET

WANGI WANGI - Akselerasi pariwisata Wakatobi dipastikan bakal makin kencang. Setelah Sabtu (23/3), Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Wakatobi resmi dideklarasikan oleh GenPI Povinsi Sulawesi Utara (Sultra).

Dideklarasikan di Taman Budaya Wangi Wangi Wakatobi, GenPI Wakatobi siap menjadi garda terdepan pariwisata Caribbean Van Celebes.

"Kami ucapkan selamat datang bagi GenPI Wakatobi. Selamat menjadi bagian dari garda terdepan promosi pariwisata Indonesia, khususnya di media sosial (medsos)," ujar Ketua Harian GenPI Nasional Siti Chotijah, Sabtu (23/3).

Bagi wanita yang akrab disapa mba Jhe ini, GenPI Wakatobi memiliki fungsi yang sangat strategis. Karena Wakatobi merupakan 1 dari 10 Bali Baru yang digagas oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

GenPI Wakatobi akan diplot sebagai sebagai agent promosi efektif. Menjadi pasukan yang militan melakukan penetrasi pasar. Eksekusinya memakai konsep go digital. Memanfaatkan peran medsos. Bisa melalui blog, facebook, twitter, instagram, path, juga lainnya. 

"GenPI saat ini telah membangun networking sosial media. Membernya telah mencapai lebih dari 15 ribu diseluruh Indonesia. Mereka tersebar di 34 provinsi serta regional khusus. Harapan kami komunitas ini mampu bersinergi dan mendorong serta bermanfaat untuk pariwisata Indonesia khususnya melalui medsos," terang Jhe

Deklarasi tersebut pun mendapat support penuh dari diberbagai pihak. Ini dibuktikan dengan hadirnya Asisten 2 Wakatobi Yusnan Yusuf serta Kabid Komunikasi Bidang Media Digital Kemenpar Titus Harijadi. Deklarasi ini juga dihadiri oleh 60 netizen pecinta pariwisata Wakatobi yang berasal dari berbagai komunitas.

"Kehadiran GenPI sangat penting sebagai own media bagi Wakatobi. Melalui tangan netizen, Wakatobi akan lebih dikenal oleh dunia dengan segala potensi pariwisatanya. Karena dapat disosialisasikan secara masif dan efektif melalui medsos," kata Titus.

Pada deklarasi ini Amal Hermawan secara aklamasi terpilih menjadi Koordinator GenPI Wakatobi. Dirinya didaulat memimpin GenPI Wakatobi untuk dapat aktif melakukan promosi pariwisata Wakatobi.

"Wakatobi sebagai daerah prioritas atau dikenal dengan sebutan 10 Bali Baru harus senantiasa di promosikan dan lebih dikenalkan ke dunia. Potensin Wakatobi khususnya dunia bawah lautnya sudah tersohor di penjuru dunia. Kami berharap kehadiran kami akan dapat mengundang banyak wisatawan untuk datang menikmati Wakatobi," ujar Amal.

Terpisah Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi I pada Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Hariyanto, yakin GenPI Wakatobi akan menambah amunisi pariwisata kelas dunia yang dimiliki daerah tersebut.

Menurut Hariyanto Ini ibarat perang, dalam arti yang postif tentunya, dimana setiap komunitas harus mengenali musuh dan memiliki strategi untuk memenangkan daerahnya melalui digital marketing.

“Kalian harus kompak dan mempelajari serta persiapkan strategi dengan baik untuk mempromosikan pariwisata Wakatobi,” kata Hariyanto.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun memberikan selamat atas terbentuknya GenPI Wakatobi.

GenPI merupakan bagian dari implementasi program yang telah ditetapkan Kemenpar. Oleh sebab itu pemerintah Wakatobi harus membangun jejaring melalui para blogger dan medsos untuk melakukan promosi destinasi wisata yang ada di Wakatobi.

"Karena pemerintah tidak bisa berjalan sendiri tanpa bantuan berbagai pihak terkait pariwisata, termasuk komunitas yang sekarang telah resmi sebagai GenPI Wakatobi, yang siap memviralkan pariwisata Wakatobi di dunia maya,” kata Menpar Arief Yahya.

Soal potensi, Menpar tak pernah ragu akan keindahan Wakatobi. Daerah ini merupakan salah satu destinasi bahari terbaik di Indonesia. Kekayaan bawah lautnya sunguh memukau.

Wakatobi memiliki 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia. Daerah ini memiliki lebih dari 112 jenis karang dari 13 familia. Biota lautnya sudah pasti melimpah dengan 93 jenis ikan. Bahkan kawanan paus sperma sering datang berkunjung ke Wakatobi. Wakatobi juga menjadi tempat bermain ikan pari manta (Manta ray) yang ukuran tubuhnya tergolong raksasa. 

Bukan saja bawah lautnya, budaya Wakatobi pun luar biasa dengan Suku Bajo-nya. Kehidupan desa-desa yang ada di pulau-pulau Wakatobi sangat menarik untuk disambangi.

"Pesonanya sudah tidak diragukan. Saya yakin akselerasi akan semakin cepat dengan hadirnya GenPI Wakatobi. Salam Pesona Indonesia. GenPI! Gasss," ucap Menpar Arief Yahya.(*)

Bagikan artikel ini: