TPS bangun jembatan penghubung utama Dusun Plalangan dan Campoan di Situbondo

Minggu, 24 Maret 2019 | 17:34 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Terminal Petikemas Surabaya (TPS) akhirnya mewujudkan mimpi warga desa Campoan melalui pembangunan jembatan penghubungan Dusun Plalangan dengan desa Campoan dan Dusun Lucu, Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo.

Pembangunan jembatan penghubung ini memang sangat diharapkan warga karena menjadi satu-satunya akses utama masyarakat RT 01 Desa Campoan dengan total 43 Kepala Keluarga, yang akan terisolasi apabila banjir atau hujan besar datang.

“Kasihan para siswa di sini, harus pulang pergi ke sekolah menyeberangi sungai. Para guru di sini selalu mengawasi dan menggendong sebagian siswa saat melintasi sungai. Khawatir terseret arus sungai," kata Ahmad Faisol, salah satu guru SDN 1 Campoan dalam siaran pers yang diterima kabarbisnis.com, Surabaya, Minggu (24/3/2019).

Tampak kebahagiaan terpancar dari raut muka para warga desa Campoan. Seperti yang dikisahkan oleh Amel, salah satu Siswa SMP yang tinggal di desa Campoan tersebut, dimana sebelumnya para warga harus bergotong royong membuat rangkaian bambu sebagai jembatan sementara yang selalu hanyut saat hujan datang

“Terima kasih TPS, dengan adanya jembatan ini sangat memudahkan kami dalam beraktivitas,” ungkap Amel.

Pada awal tahun 2019, TPS bekerjasama dengan Yayasan Relawan Kampung Indonesia membangun jembatan Peduli Negeri 3, dimana ini adalah jembatan ketiga yang telah dibangun oleh TPS. Sebelumnya TPS telah membangun jembatan penghubung desa Pordapor dan Tambuko, Sumenep Madura, dan jembatan kedua adalah jembatan penghubung desa Pagersari dan desa Gombong Kabupaten Malang.

Bukan hal yang mudah dalam proses pembangunan jembatan ini, mengingat akses menuju jembatan yang tidak mudah, tetapi para warga utamanya para ibu-ibu gotong royong membantu mengangkut pasir dan batu, sehingga dalam waktu 2,5 bulan jembatan tersebut sudah bisa digunakan. Pembangunan jembatan berjenis gelagar besi dengan panjang 20 meter dan lebar 1,2 meter ini menghabiskan dana CSR sebesar Rp 350 juta.

President Director PT TPS, Endot Endrardono, yang meresmikan pembangunan jembatan tersebut berharap jembatan ini dapat membantu dan mendukung warga dalam melakukan aktivitas sehari-hari. 

“Semoga jembatan ini dapat dijaga dengan baik, dan dengan dibangunnnya jembatan ini mendapatkan kebarokahan,” ungkap Endot.kbc6

Bagikan artikel ini: