Dibuka hari ini, puluhan mobil dan teknologi baru unjuk gigi di GIIAS Surabaya

Jum'at, 29 Maret 2019 | 01:59 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kota Surabaya akan menjadi saksi diawalinya perhelatan pameran otomotif milik Gaikindo yang merupakan bagian dari GIIAS The Series. GIIAS Surabaya 2019 berlangsung pada 29 Maret  hingga 7 April 2019 di Grand City Convex.

Ketua Gabungan Indusri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi menuturkan, dipilihnya Surabaya sebagai tuan rumah pembuka perhelatan akbar GIIAS The series 2019, mengingat antusiasme warga Jawa Timur dan posisi perkembangan industri otomotif di Indonesia. Sebagai kota terbesar kedua, Surabaya memiliki potensi besar untuk memperkenalkan model dan  teknologi baru dari kendaraan terkini. Dan untuk kali pertama penyelenggaraan GIIAS di daerah akan secara resmi dibuka oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

“Kami ingin penyelenggaraan GIIAS di Surabaya menjadi salah satu elemen penting pendorong pertumbuhan industri otomotif, dan kehadiran Bapak Airlangga tentu memberikan dorongan kuat terhadap potensi industri otomotif di Jawa Timur,” ujarnya pada press conference GIIAS Surabaya 2019 di Surabaya, Kamis (28/3/2019).

Pihaknya meyakini GIIAS Surabaya menjadi awal yang baik untuk permulaan GIIAS The Series. “Jawa Timur memiliki sejarah yang baik dalam penjualan kendaraan bermotor terutama mobil penumpang dan komersial. Melalui GIIAS Surabaya kami ingin mengajak masyarakat Jawa Timur untuk bisa menikmati perkembangan kendaraan motor terkini.” jelas Yohannes.

 

Dipaparkannya, tahun ini Gaikindo memang akan menggenjot penjualan otomotif di wilayah Indonesia Timur. Alasannya, kondisi pasar kendaraan di wilayah barat Indonesia cukup tertekan.

Menurutnya, tahun ini saja industri kendaraan bermotor memprediksi pertumbuhan pasar mobil bakal flat alias sama seperti tahun lalu yakni sekitar 6%-7%.

"Pada awal tahun ini penjualan kendaraan juga agak turun sedikit. Ini sedang saya pelajari, ada apa ini kok turun?" katanya.

Yohannes mengatakan, penjualan yang agak susah terjadi di wilayah Jawa, seperti di Jakarta diperkirakan masyarakat enggan membeli kendaraan karena infrastrukturnya masih belum baik dan macet.

"Sebetulnya orang Jakarta tak mau beli mobil karena infrastrukturnya masih macet, makanya penjualan di arahkan ke daerah Indonesia bagian timur," katanya.

Dia mengungkapkan, penjualan kendaraan bermotor ke wilayah luar Jawa sejauh ini sudah berkembang setidaknya sudah berkontribusi sekitar 40% dari total penjualan motor nasional. "Khusus di wilayah Jawa Timur berkontribusi sekitar 13% terhadap pasar nasional," imbuhnya.

Data Gaikindo menyebutkan, kapasitas produksi mobil berbagai merek di Indonesia saat ini mencapai 2,3 juta unit per tahun. Namun jumlah marketnya masih 1,15 juta unit per tahun.

Geber promo menarik

Sementara itu Project Director GIIAS 2019 The Series, Sri Vista Limbong menyebutkan, GIIAS Surabaya akan diikuti oleh merek-merek otomotif dari seluruh lini industri otomotif.

"GIIAS Surabaya 2019 tahun ini akan menampilkan total lebih dari 30 exhibitors, dari passenger car, commercial vehicle, dan supporting industries, dan sebagian besar dari APM memastikan akan menghadirkan produk terbaru unggulan mereka di GIIAS Surabaya 2019” ungkapnya. 

GIIAS Surabaya 2019 akan menghadirkan 12 merek passenger car seperti Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling, serta 3 merek commercial car yakni DFSK, Fuso dan Isuzu. Selain itu 4 merek sepeda motor; Honda, Suzuki, Yamaha, Viar, serta beberapa merek dari industri pendukung akan menyemarakkan suasana disepanjang penyelenggaraan pameran.

 

Berbagai penawaran dan promo telah dipersiapkan panitia untuk memanjakan pengunjung. Bagi pengunjung Wanita, GIIAS Surabaya 2019 memberikan penawaran spesial yaitu Ladies Day Out, gratis masuk untuk seluruh pengunjung wanita pada 3 April 2019 dari pukul 10.00 – 16.00 WIB. Dan untuk seluruh pengunjung, ada promo pemberian Voucher BBM GRATIS dimana pengujung berkesempatan mendapatkan voucher BBM senilai Rp.25.000,-setiap pembelian tiket masuk pada weekdays, dan khusus weekends, dan hari libur nasional pengunjung berkesempatan mendapatkan voucher BBM senilai hingga Rp.100.000,- dengan menunjukkan tiket masuk pameran, dan surat pemesanan kendaraan (SPK), (Program ini berlaku selama pameran berlangsung, syarat dan ketentuan berlaku, selama persediaan masih ada). 

 

Selain memberikan berbagai macam promo, GIIAS Surabaya 2019 juga memiliki berbagai macam program dan penawaran menarik baik dari APM peserta maupun dari industri pendukung, seperti program annual test drive, test ride, community gathering, dan auto contest. Program terbaru dan yang paling menarik dari GIIAS Surabaya 2019 adalah workshop GRATIS di GIIAS Autopreneur dengan menghadirkan beberapa influencer otomotif serta pakar-pakar otomotif di Surabaya. Tak ketinggalan juga ada GIIAS Vlog Contest yang terbuka untuk siswa-siswi serta mahasiswa. Serta Student Day, yaitu kunjungan pelajar ke GIIAS Surabaya yang diikuti oleh siswa SMK dan mahasiswa dari universitas se- Surabaya untuk mengunjungi pameran GIIAS Surabaya 2019.

 

GIIAS 2019 The Series sendiri dimulai di Surabaya pada 29 Maret – 7 April 2019, kemudian Jakarta, 18 – 28 Juli 2019 bertempat di ICE, BSD City, kemudian disusul dengan Makassar, 4 – 8 September 2019, bertempat di Celebes Convention Center, dan ditutup di Medan, 23 – 27 Oktober 2019, berlokasi di Santika Convention Center. Dapat dipastikan dengan mengusung konsep baru, GIIAS 2019 The Series akan menjadi ajang bergengsi bagi para pecinta otomotif Indonesia. kbc7

Bagikan artikel ini: