Gandeng perguruan tinggi, Tokopedia bangun pusat pengembangan kecerdasan buatan

Jum'at, 29 Maret 2019 | 06:48 WIB ET

DEPOK, kabarbisnis.com: Tokopedia serius membangun pusat pengembangan kecerdasan buatan atau artificial inteligence (AI) di banyak perguruan tinggi di Tanah Air.

Sebagai pilot project, salah satu unicorn di Indonesia ini telah meluncurkan proyek tersebut di Universitas Indonesia (UI).

CEO Tokopedia, William Tanuwijaya mengatakan, pihaknya telah berkomunikasi dengan 100 universitas dalam rangka pengembangan AI Center ini. Hal ini dalam rangka pemerataan sumber daya manusia (SDM) yang handal dalam bidang teknologi.

"Ini semua dari Tokopedia Corner, nanti akan menjadi Tokopedia AI Center seperti di UI ini. Kita akan bekerjasana dengan universitas-universitas lain. UI ini hanya menjadi fondasi pertama, kita akan masuk ke daerah-daerah lain. Karena tujuan tokopedia ini pemerataan ekonomi secara digital, jadi harusnya talentanya tidak hanya mereka yang ada di pulau Jawa dan Jakarta," ujar dia di UI, Depok, Kamis (28/3/2019).

Dia menjelaskan, Tokopedia memang tengah fokus dalam pengembangan teknologi AI. Selain untuk membangun infrastruktur, anggaran yang dialokasikan pada tahun lalu digunakan untuk membangun SDM yang akan menguasai teknologi ini.

"Tahun kemarin Tokopedia mengambil pendanaan US$1,1 miliar untuk membangun infrastruktur dan di dalamnya itu ada porsi pembangunan SDM-nya," kata dia.

Sementara untuk ke depannya, porsi investasi untuk pengembangan SDM akan terus ditingkatkan oleh Tokopedia. Harapannya, bisa membantu pemerintah dalam menyiapkan SDM yang unggul di bidang teknologi.

"Selama ini Tokopedia masih mendapatkan pendanaan yang besar, rencananya kebanyakan akan dibuat untuk pengembangan sumber daya manusia. Karena Indonesia ini bisa bersaing di sisi teknologi kalau sumber daya manusianya memiliki kemampuan," tandas dia. kbc10

Bagikan artikel ini: