Dibuka bos Bank Mandiri dan Bupati Banyuwangi, anggota TNI juarai ajang maraton ini

Senin, 1 April 2019 | 06:03 WIB ET

BANYUWANGI - Ajang Mandiri Banyuwangi Half Marathon 2019 pada Minggu (31/3) dilepas oleh Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Seribu peserta ikut ajang itu dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Surabaya, Malang, hingga Semarang. 

Ajang itu berhasil dijuarai oleh anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) Chamit Nur Cholis. Pelari yang berdinas di Bataliyon Zeni Tempur (Yonzipur) 10 Kostrad di Pasuruan tersebut, menyelesaikan lintasan sejauh 21 KM dengan catatan waktu 1 jam 20 menit 19 detik.

Pada lap pertama sepanjang 10.7 KM, Chamit masih bersama rombongan besar. Namun pada lap kedua yang menempuh jarak 10.4 KM, ia berhasil memisahkan diri dengan rombongan.

"Awalnya, sempat drop karena sendirian. Tapi, banyak masyarakat yang menyaksikan, jadi lebih semangat sampai ke finish," tutur pria kelahiran Ponorogo tersebut.

Selang beberapa detik kemudian, Hadi Firmansyah menyusul finish kedua. Pelari asal Malang ini mencatat waktu 1 Jam 20 menit 36 detik.

Banyuwangi Half Marathon yang baru pertama digelar ini diikuti pelari dari berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Malang, Gresik, Blitar, hingga Semarang. Sejumlah komunitas lari yang tersebar di berbagai kota di Indonesia juga turut  berpartispasi. Ajang ini merupakan kolaborasi antara Pemkab Banyuwangi dengan PT. Bank Mandiri (Tbk).

Di kategori half marathon wanita, tercatat Sri Wahyuni memasuki garis finish pertama dengan waktu 1 jam, 50 menit, 25 detik. Disusul Vonny Tenri Opu di urutan kedua dan Helen Lusiana yang finish ketiga. 

"Saya senang. Rutenya banyak pemandangan pesawahan. Jadi bisa mengalihkan rasa capek," ujar pemenang 21K Putri yang berasal dari Indorunners Surabaya itu.

Sementara itu, penyelenggaraan Mandiri Half Marathon Banyuwangi yang untuk pertama kalinya digelar ini, banyak diapresiasi oleh para peserta. Mereka cukup puas dengan manajemen yang tepat waktu, tingkat keamanan hingga antusiasnya sambutan penonton.

"Marka dan bariernya di sepanjang rute, jadinya lebih steril. Marshalnya juga banyak jadi tidak bingung. Sambutan anak-anak di pinggir jalan, juga bikin nambah semangat. Apalagi pelaksanaannya on time," ungkap Angga Putra Kurniawan dari Indorunners Blitar itu.

Sementara itu, Dirut Bank Mandiri Kartiko Wirjoatmodjo mengungkapkan pihaknya mendukung Banyuwangi yang menggelar event sport tourism. Menurut dia, menarik wisatawan tidak hanya dari destinasi saja, tapi bisa dilakukan dengan menggelar event olahraga yang menarik, seperti marathon ini.

"Sedang kita prospek, event half Marathon ini akan menjadi agenda tahunan di Banyuwangi, sembari kita evaluasi dari pelaksanaan pertama ini. Akan kita skilled up, sembari kita lihat lagi rutenya. Kita cari rute dengan pemandangan yang menarik.  Banyuwangi kan punya pantai yang bagus," kata Tiko, sapaan akrab Kartika. kbc9

Bagikan artikel ini: