Suzuki pamerkan mobil ramah disabilitas di GIIAS Surabaya 2019

Kamis, 4 April 2019 | 13:13 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Di antara jajaran model-model kendaraan yang dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2019, ada satu model lain dari yang lain, yaitu Support Concept yang merupakan usaha Suzuki menelusuri sisi lain mobil andalannya, Ertiga agar lebih akrab dengan penyandang disabilitas.

Suzuki merancang Support Concept berbasis All New Ertiga. Ubahan yang sudah dilakukan yaitu mengubah jok penumpang depan agar mudah diakses penumpang berkursi roda.

Hasilnya, jok bisa berputar sampai 90 derajat ke arah kiri bila tuas di bagian bawahnya ditarik. Suzuki merancang pergerakan jok itu secara manual, jadi akses keluar masuk perlu dibantu orang lain

Jok yang menggunakan mekanisme tambahan itu dibuat berbasis jok standar dan tidak mengubah apapun pada bagian landasan. Hal ini penting agar pemilik bisa mengembalikan mobil seperti Ertiga standar, misalnya ketika mau dijual.

Marketing Manager PT United Motors Centre (UMC) selaku diler resmi mobil Suzuki wilayah Jawa Timur, Yuanita Chrystanti mengatakan, pengembangan yang dilakukan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk penyandang disabilitas karena studi tahap awal menunjukan ruang kaki pada sektor itu lebih luas ketimbang jok baris kedua.

"Jadi lebih banyak ruang yang bisa dimanfaatkan di depan. Kalau di belakang, karena posisi kaki jadi perlu ada penyesuaian lebih banyak," katanya di sela pameran yang berlangsung hingga Minggu (7/4/2019) tersebut di Grand City Convex Surabaya.

Selain soal jok, Suzuki juga sudah mengganti sudut bukaan daun pintu depan sebelah kiri untuk memudahkan akses penyandang disabilitas. Daun pintu tersebut bisa terbuka nyaris 90 derajat.

Namun demikian, pihaknya belum menyebut harga kendaraan tersebut. Namun jika ada pengunjung atau calon pembeli yang berminat, pihaknya bisa menerima dan memproses permintaan tersebut.

Selain memamerkan mobil Suzuki Support Concept, di booth Suzuki juga dihadirkan model terbaru All New Ertiga Suzuki Sport yang sekaligus juga secara resmi diluncurkan di Surabaya pada pembukaan GIIAS Surabaya 2019 pekan lalu. kbc7

Bagikan artikel ini: