Go-Jek kini sandang status decacorn

Jum'at, 5 April 2019 | 06:36 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Aplikator transportasi online Go-Jek menembus sejarah baru. Go-Jek, kini menyandang status sebagai decacorn atau startup yang memiliki valuasi di atas US$10 miliar. Sebelumnya, Go-Jek menggenggam status sebagai unicorn atau startup dengan valuasi di atas US$ 1 miliar.

Dalam riset bertajuk The Global Unicorn Club, lembaga riset internasional CBInsights menyatakan Go-Jek telah memiliki valuasi US$10 miliar. Artinya Go-Jek sudah berhak menyandang status decacorn tersebut.

CBInsights menghitung saat ini baru ada 19 startup decacorn di dunia. Decacorn terbanyak berasal dari Amerika Serikat (AS).

Go-Jek mendapat gelar decacorn setelah hampir 10 tahun beroperasi. Go-Jek didirikan Nadiem Makarim dan teman-temannya pada pada tahun 2010.

Selama beroperasi, Go-Jek sudah sembilan kali menggelar putaran penggalangan dana. Menurut Crunchbase, sudah 24 investor yang menyuntik Go-Jek dengan total dana yang dihimpun US$ 3,1 miliar.

Penggalangan dana Seri A dilakukan Go-Jek pada 2014 silam. Openspace Ventures dan Capikris Foundation yang jadi investornya. Jumlah suntikan dananya tak diumumkan.

Pada tahun 2015, Go-Jek membuka pendanaan Seri B. Pada putaran pendanaan Openspace kembali berpartisipasi plus DST Global dan Sequoia Capital India. Nominalnya juga tak diumumkan.

Pada 2016 putaran pendanaan Seri C dilakukan dengan nilai yang tidak disebutkan. Investornya Rakuten, Openspace Ventures. Di tahun yang sama, Go-Jek meluncurkan pencarian dana Seri D dengan nilai yang terkumpul lebih dari US$550 juta. Beberapa investornya DST Global, Northstar Group, Farallon Capital Management, Kohlberg Kravis Roberts, & Co, Warburg Pincus dan Formation Group.

Pada awal 2018, Go-Jek melakukan penghimpunan dana Seri E dengan total dana yang terkumpul US$ 1,5 miliar. Investor yang bergabung adalah Via ID, Tencent Holdings, Temasek Holdings, Astra International, Meituan-Dianping, JD.com, Google hingga Blibli.

Pada awal 2019, Go-Jek menggelar penggalangan dana Seri F tahap pertama. Total dana yang terhimpun US$1 miliar. Deretan investornya Astra Internasional, Tencent Holdings, JD.com dan Google. kbc10

Bagikan artikel ini: