Startup tumbuh pesat, aset negara bakal disulap jadi co working space

Jum'at, 5 April 2019 | 10:19 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah terus mendorong pertumbuhan perusahaan rintisan alias startup yang belakangan banyak bermunculan di kota-kota besar. Guna mewadahi tumbuh kembangkan startup di Tanah Air, Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) bakal mengembangkan beberapa aset negara yang dikelolanya menjadi co working space.

"Pemerintah sekarang lagi gencar-gencarnya mempromosikan misalnya startup, memberikan peluang agar startup maju. Maka LMAN akan coba mana aset yang bisa kita jadikan co working space," kata Direktur Utama LMAN Rahayu Puspasari di Jakarta, Kamis (4/4/2019).

Salah satu aset negara yang akan direalisasikan menjadi co working space berada di Bandung, yaitu gedung bekas Wisma Pertamina. Awalnya aset tersebut mau dibuat menjadi hotel.

Seiring berjalannya waktu, Badan Layanan Umum (BLU) Kementerian Keuangan itu mengubah konsep tersebut menjadi co working space karena jumlah startup terus meningkat. 

"Kita dapat 3-4 peminat. Karena di Bandung, Bandung kan sumber ya pertama munculnya co working space di sana dan ternyata mereka masih terus growing," tutur Puspa.

Selain di Bandung, lanjut dia juga rencananya ada aset negara di Jakarta yang mau disulap jadi co working space.

"Co working space di Panglima Polim (Jakarta) itu bekas bank. Itu kita mau jadi co working space, itu banyak yang incar," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: