Mobilkamu.com, aplikasi untuk kamu yang cari mobil baru

Sabtu, 13 April 2019 | 19:23 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pasar otomotif di Tanah Air masih cukup potensial. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi penjualan mobil di dalam negeri tahun ini bakal mencapai 1,15 unit.

Konsumen pun kini punya banyak pilihan kendaraan roda empat. Apalagi, produsen mobil asal China ikut meramaikan bisnis otomotif di dalam negeri, bersama pabrikan dari Jepang, Korea Selatan, dan negara-negara Eropa serta Amerika Serikat.

Ditambah lagi, saat ini konsumen tidak perlu repot dan buang waktu bertandang ke masing-masing diler mobil. Sebab di era teknologi digital ini sudah ada start up yang khusus melayani penjualan mobil baru. Sebut saja, Mobilkamu.com.

Usaha rintisan ini sudah beroperasi sejak 2016 dan menggandeng diler. Saat ini, ada 80 diler mobil dari ragam merek yang bekerjasama dengan mereka. Lokasinya di wilayah Jabodetabek serta Jawa Timur.

Berkongsi dengan banyak diler membuat Mobilkamu bisa mendapatkan pasokan mobil yang banyak pula. Maklum, biasanya kalau ada jenis dan merek mobil yang tengah naik daun, perlu waktu tunggu atau inden yang cukup lama.

Mitra bisnis lain yang juga digandeng Mobilkamu sudah barang tentu adalah perusahaan pembiayaan alias multifinance. Ini untuk mengantisipasi pembelian mobil secara kredit yang masih menjadi pilihan banyak konsumen di Indonesia.

"Dengan ada kerjasama tersebut, konsumen tidak perlu lagi mencari diler yang punya stok mobil sesuai keinginan. Termasuk juga mana yang bisa memberikan servis dan bonus yang terbaik," kata Wilton Halim, Co-Founder Mobilkamu.com.

Di aplikasi start up ini, Wilton memastikan, konsumen bisa melakukan proses transaksi pembelian mobil yang bakal dilayani mitra ambasador Mobilkamu. Yakni, konsultan pembelian mobil yang sudah bergabung secara paruh waktu.

Si mitra Mobilkamu inilah yang mencari mobil yang pas, termasuk juga model pembayaran yang sesuai dengan kemampuan si konsumen.

Dengan semua layanan tersebut, Wilton mengklaim, rata-rata saban bulan Mobilkamu.com bisa menjaring permintaan kendaraan sebanyak 400 unit.

Namun sayangnya Wilson tidak merinci sistem pendapatan dari kerjasama dengan diler dan penjual Mobilkamu.com.

Selain penjualan, start up ini juga menawarkan ragam layanan lainnya. Misalnya, layanan cuci gratis setahun, servis periodik, pembayaran pajak dan dokumen lainnya, serta klaim asuransi. Program tersebut bisa dimanfaatkan oleh konsumen yang sudah membeli mobil di Mobilkamu.com.

Secara total, jumlah mitra bisnis yang Mobilkamu.com gandeng saat ini ada 150 partner. Dengan sarana dan layanan yang ada, Wilton optimistis, pertumbuhan bisnis Mobilkamu.com sampai akhir tahun ini bisa melesat hingga lima kali lipat dibanding tahun lalu.

Apalagi, start up yang sudah mendapatkan injeksi dana dari Genesia Ventures, East Ventures, dan Denali Mitra ini bakal memperluas operasional mereka. Daerah-daerah yang masuk bidikan adalah Sumatra Utara, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. kbc10

Bagikan artikel ini: