Suzuki siapkan Baleno DualJet, konsumsi BBM diklaim lebih irit

Selasa, 16 April 2019 | 09:47 WIB ET

NEW DELHI, kabarbisnis.com: Maruti Suzuki, APM Suzuki di India segera memperkenalkan mesin DualJet 1.2-liter. Suzuki Baleno akan menjadi kendaraan pertama yang menggunakan mesin baru dualjet. Mobil ini pernah dipamerkan di Indonesia saat GIIAS 2018.

Mesin Suzuki DualJet pada dasarnya adalah penerus dari motor K12B yang selama ini digunakan Suzuki Swift, dan Baleno. Mesin DualJet menggunakan kode nama K12C. Mesin baru ini menandai K12B 1,2 liter yang digabungkan dengan baterai sehingga bisa mencapai efisiensi dan lolos emisi. Mesin baru diklaim akan lebih hemat bahan bakar daripada K12B, yang pada Suzuki Baleno yang menghasilkan 21,4 kilometer per liter.

Mesin K12C akan menggunakan injektor yang berarti bahwa masing-masing dari delapan port intake di mesin 16-katup mendapatkan injektornya sendiri. Injektor yang lebih banyak menghasilkan kontrol yang lebih tepat dan campuran bahan bakar yang lebih baik. Menggunakan injektor per port juga berarti bahwa injektor itu dapat diposisikan lebih dekat ke bagian belakang katup intake, semakin meningkatkan atomisasi dan memberikan keuntungan efisiensi tambahan.

DualJet K12C juga mengalami port intake yang didesain ulang, ruang bakar dan kepala piston, jet pendingin oli untuk bagian bawah piston, sistem resirkulasi gas buang baru dan sistem start-stop Smart Hybird. Mesin DualJet 1.2 liter akan mendapatkan baterai Smart Hybrid sistem tunggal dibandingkan dengan pengaturan baterai ganda baru dalam bensin Ciaz 1.5.

Mesin ini bisa menghasilkan tenaga sekitar 90hp pada 6.000 rpm dan torsi 120Nm. Sebagai perbandingan, K12B saat ini hanya menghasilkan 83hp dan 115Nm. Suzuki Baleno Smart Hybrid 1.2 hanya akan tersedia pada bulan depan. Mesin ini akan dikawinkan dengan gearbox manual 5-kecepatan. kbc10

Bagikan artikel ini: