TKD Jatim ingatkan pukul 13.00 bukan batas akhir pencoblosan

Selasa, 16 April 2019 | 10:15 WIB ET
Ketua TKD Jatim Machfud Arifin
Ketua TKD Jatim Machfud Arifin

SURABAYA - Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur untuk pemenangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin kembali mengingatkan kepada seluruh pemilih bahwa batas waktu mencoblos di TPS bukan pukul 13.00 WIB. Panitia pemungutan suara harus tetap melayani pencoblosan meski sudah lewat pukul 13.00 WIB, asalkan pemilih itu sudah terdaftar atau sedang mendaftar maksimal pukul 13.00 WIB.

“Saya kira di bawah banyak sekali mispersepsi ya. Apalagi di sosialisasi banyak pihak sebelumnya, di poster, di infografis yang beredar di medsos, disebutkan ajakan mencoblos mulai pukul 07.00-13.00 WIB. Nah itu banyak disalahpahami bahwa setelah pukul 13.00 sudah enggak bisa. Padahal semestinya bisa dengan beberapa ketentuan,” ujar Ketua TKD Jatim Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin, Selasa (16/4/2019).

Sesuai Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019, pada Pasal 46, disebutkan bahwa pada pukul 13.00 waktu setempat, ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mengumumkan yang diperbolehkan memberikan suara hanya pemilih yang sedang menunggu gilirannya untuk memberikan suara dan telah dicatat kehadirannya dalam formulir model C7, DPT KPU, model C7. DPTb-KPU dan Model C7. DPK-KPU. 

Selain itu, pemilih telah hadir dan sedang dalam antrean untuk mencatatkan kehadirannya dalam formulir Model C7. DPT-KPU, Model C7. DPTb-KPU dan model C7.DPK-KPU". 

"Pokoknya KPPS jangan main-main deh. Kalau pas pukul 13.00 WIB masih ada yang antre, coblosan jangan disetop. Jangan ngawur. Pokoknya kita akan perkarakan betul kalau ada KPPS main setop coblosan begitu saja,” tegas Machfud.

Mantan Kapolda Jatim itu juga meminta agar KPU benar-benar mensosialisasikan hingga KPPS tentang ketentuan itu. Kekacauan pemungutan suara di luar negeri harus menjadi pelajaran.

“KPU kan punya jalur komunikasi cepat hingga ke KPPS. Bisa benar-benar ditekankan soal aturan itu ke KPPS lewat grup-grup WhatsApp sehingga lebih cepat, mengingat waktu mepet. Jangan sampai ada ribut-ribut soal mispersepsi batas waktu pukul 13.00 ini,” pungkas Machfud.

Bagikan artikel ini: