E-eommerce siap berebut 'kue' ritel selama Ramadan

Minggu, 21 April 2019 | 13:00 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Volume berbelanja barang konsumsi diproyeksikan meningkat selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri. Bukan hanya perusahaan ritel namun juga e-commerce.

Ketua Asosiasi e-commerce Indonesia, Ignatius Untung menyebut, barang-barang fashion masih merajai produk favorit masyarakat.

"Setiap bulan yang paling tinggi terlebih saat Ramadan dan akan Lebaran. Mulai hijab, busana muslim untuk seluruh anggota keluarga kini lengkap tersedia di toko online. Penjahit online pun kini banyak, bermodalkan media sosial mereka menawarkan sistem preorder," katanya, kemarin.

Menurutnya, dua bulan sebelum masuk Ramadan para penjahit online ini menawarkan busana muslim seragam untuk seluruh anggota keluarga sesuai ukuran tubuh masing-masing.

Para pekerja rumah tangga pun sebelum mudik tidak lupa membawa oleh-oleh untuk sanak keluarga yang mereka dapat di toko online. Selain fashion, gadget juga sering mengalami peningkatan penjualan.

Saat kembali ke kampung halaman terkadang beberapa orang menginginkan membawa gadget keluaran terbaru. Sejumlah brand produk gadget juga berlomba membuka official store mereka di marketplace yang membuat konsumen percaya karena membeli di toko tersebut.

Semakin beralihnya konsumsi masyarakat sekalipun saat Ramadan di dunia online dinilai Untung , karena masyarakat tergiur kemudahan yang ditawarkan e-commerce ditambah promo yang gencar dilakukan.

“Harga bersaing, namun yang paling dilirik masyarakat kalau sudah bebas ongkos kirim. Tidak perlu memikirkan biaya tambahan,” ujarnya.

Program promo yang ditawarkan marketplace bermacammacam, mulai diskon, cash back, hingga gratis biaya pengiriman.

Untuk berbelanja di marketplace , masyarakat masih banyak yang ingin tidak terbebani ongkos kirim. Produk branded dengan harga yang tidak murah pun menjadi lebih spesial jika dibeli tanpa biaya kirim.

Masyarakat semakin dimanjakan, yang dibayarkan hanya harga barang. “Promo cashback masih dikuasai fintech di sejumlah outlet makanan. Makanya sekarang banyak orang ke mal hanya untuk makan-minum, kumpul, dan bayar menggunakan promo cash back ini. Belanja sudah ke online semua,” jelas Untung.

Saat Ramadan tiba, kebutuhan produk makanan pun meningkat. Sebab, banyak yang malah memasak dengan jumlah banyak atau makanan ringan yang biasanya diberikan kepada orang lain.

Setiap perusahaan makanan pun kini membuka toko mereka di sejumlah marketplace atau mereka membuka layanan penjualan online sendiri.

Vensia Tjhin, pakar digital marketing yang juga Chief of Omni Channel Bhinneka memaparkan, mencermati perilaku belanja online konsumen Indonesia tidak surut saat Ramadan tahun lalu.

“Kami prediksi dengan gencarnya promo online konsumen akan terus melakukan pembelian secara online . Di Bhinneka sendiri yang paling tinggi tentunya gadget dan aksesorinya, bahkan mesin cuci juga ada peningkatan,” ungkapnya.

Setiap Ramadan, marketplace selalu mengalami peningkatan penjualan yang drastis. Tengok saja Shopee, melalui kampanye Big Ramadhan Sale mereka berhasil menjadi destinasi belanja online nomor satu dengan mendapatkan 465 juta kunjungan pengguna pada Ramadan 2018.

Peningkatan transaksi terjadi cukup signifikan sejak awal Ramadan hingga puncak Big Ramadhan Sale. Tahun lalu Shopee mencatatkan rekor baru bagi marketplace di Indonesia dengan 1,5 juta transaksi dalam 24 jam.

“Hal ini menggambarkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat dalam menjadikan Shopee destinasi belanja nomor satu untuk memenuhi kebutuhan pada bulan puasa ataupun menyambut Lebaran,” ujar Rezky Yanuar, Country Brand Manager Shopee.

Shopee juga mencatatkan peningkatan transaksi lebih dari 5 kali lipat jika dibandingkan dengan Ramadan 2017. Sebanyak 14,7 produk fashion yang diskon dan pengiriman barang yang ada sebanyak 3.700 ton.

Antusiasme pengguna juga turut dirasakan dalam kemeriahan in-app game Shopee, Goyang Hujan Emas dengan total hadiah Rp10 miliar. Untuk tahun ini Shopee belum bisa menyebutkan target penjualan tahun ini, namun yang pasti Big Sale Ramadan akan hadir kembali serta program promo lain yang lebih menarik bagi konsumen. kbc10

Bagikan artikel ini: