Tim Livo sabet 3 juara di ajang Budapest International Choir Competition and Festival

Minggu, 21 April 2019 | 20:49 WIB ET

SIDOARJO, kabarbisnis.com: Libel”s Voice (Livo) SMAN 15 Surabaya kembali menunjukkan prestasi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional dalam ajang International Choir Competition and Festival 2019 di Budapest, Hungaria. Kelompok paduan suara ini berhasil meraih 3 juara di 3 kategori dan mengelahkan 50 tim dari 15 negara.

Tim Livo meraih juara 1 dari kategori Lagu Daerah (Kategori Folklore), juara 2 kategori Paduan Suara Campuran (Youth Choirs of Mixed Voices) juga meraih juara 3 kategori Wanita Sejenis (Youth Coirs of Equal Voices). Kemenangan ini menambah daftar prestasi internasional tim Livo, setelah 2 tahun menjadi juara di kompetisi paduan suara di Italia dan Praha.

Achmad Yarziq Mubarak Salis sebagai konduktor/dirigen pimpinan tim Livo mengatakan, persiapan tim yang beranggotakan 51 orang ini dimulai 6 bulan yang lalu. latihan demi latihan dilalui. Serta pernah mengikuti ajang panduan suara di Universitas Brawijaya dalam level nasional, dan meraih juara 1 dan 3. Partisipasi di Malang ini digunakan sebagai pemantapan tim sebelum terjun di Budapest.

Persiapan yang telah matang, tetap saja menemui hambatan yang dihadapi, yakni cuaca.

"Ada hambatan yang kami hadapi waktu akan tampil, yakni cuaca dingin sekitar 2 derajat celsius. Sehingga ada beberapa anggota yang sakit. Namun dengan semangat yang tinggi, kami dalam tim dan beberapa orang tua yang ikut, melakukan hal membuat peserta lain bertanya-tanya. Hidung kami kasih salonpas, supaya ada panas yang masuk ke tubuh, dan itu berhasil,” kata aziq, sapaan sang konduktor, setelah tiba di Juanda Sidoarjo, Minggu (21/4/2019).

Cerita lain yang membuat solid tim, lanjut Aziq, adalah waktu salah satu tim yang kekurangan dana untuk ikut berpartisipasi. Maka secara bahu membahu para orang tua saling membantu dan ada juga bantuan dari sponsor, akhirnya semua tim secara lengkap berangkat ke Budapest, Hungaria. Mengingat, pada ajang kali ini, tim Livo membiayai secara mandiri guna ikut serta pada Budapest International Choir Competition and Festival 2019.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMAN 15 Surabaya, Nurhamdi, yang mewakili sekolahnya dalam acara penyambutan kedatangan tim Livo, mengatakan sekolah menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi yang diraih tim Livo yang notabene adalah kegiatan ekstrakurikuler SMAN 15 Surabaya.

“Sekolah merasa sangat bangga atas diraihnya 3 juara ini. Prestasi dan keahlian paduan suara ini sangat perlu untuk ditularkan kepada adik-adik kelasnya, sehingga kedepannya, SMAN 15 Surabaya makin disegani tim paduan suaranya," kata Nurhamdi. kbc9

 

Bagikan artikel ini: