Ada Pemilu, pendapatan Hotel Indonesia Natour tumbuh 4,5% di kuartal I

Selasa, 23 April 2019 | 06:19 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Hotel Indonesia Natour (HIN)  mencatatkan pendapatan sebesar Rp 157 miliar sepanjang kuartal I tahun ini.

Direktur Utama PT HIN, Iswandi Said menyebutkan, selama kuartal I ini tercatat ada pertumbuhan walaupun tidak terlalu besar. "Kami telah membukukan pendapatan sebesar Rp 157 miliar yang mana tumbuh sebesar 4,58% dibanding periode yang sama tahun lalu," ujarnya, Senin (22/4/2019).

Dari sana dapat dilihat bahwa pada periode yang sama tahun lalu pihaknya mencatatkan pendapatan sebesar Rp 147 miliar.

Walaupun pendapatan bertumbuh, nyatanya tak diikuti oleh pertumbuhan okupansi yang malah diakuinya mengalami penurunan. Ia menjelaskan jika dibandingkan tingkat okupansi tahun lalu sebesar 65%, tahun ini pihaknya menghadapi tantangan yang cukup banyak.

"Pada kuartal pertama tahun 2019 ini kami dihadapkan pada beberapa challenges seperti periode Pemilu plus bulan Januari dan Februari lalu fenomena tingginya harga tiket cukup mempengaruhi demand market terutama dari pasar domestik," paparnya.

Iswandi mencontohkan, di Bali yang mana market di Kuta permintaannya turun hingga 2% sehingga samapi akhir bulan Maret city occupancy-nya berkurang 2,4% dibandingkan tahun lalu. Demikian pula untuk Sanur, permintaan pasar turun hingga 6,8% yang mengakibatkan city occupancy turun hingga 16,8%.

Namun demikian, pihaknya tetap optimis di kuartal II-2019 nanti. Adapun hingga akhir semester I-2019 pihaknya menargetkan pendapatan Rp 357 miliar. kbc10

Bagikan artikel ini: