Masuk calendar of event Kemenpar, gengsi Krui Pro meningkat

Rabu, 24 April 2019 | 06:10 WIB ET

JAKARTA – Setelah dipastikan menjadi event kedua Lampung yang masuk Calendar of Event Wonderful 2019, gengsi kejuaraan surfing internasional Krui Pro langsung naik. Asosiasi surfing dunia, World Surf League (WSL), meng-upgrade sektor pria event ini dari Qualification Series (QS) 1500 menjadi QS3000. Sedangkan di sektor putri QS1000.

International Surfing Championship Krui Pro akan berlangsung di perairan Pantai Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, 29 April-4 Mei. Tepatnya di Ujung Bocur Surfing Spot.

Menurut Ketua Tim Calendar of Event Wonderful 2019 Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuty, salah satu keunggulan Krui Pro adalah mampu mendatangkan wisatawan dalam jumlah besar.

“Selama ini, Provinsi Lampung memang dikenal dengan kawasan pantainya yang indah-indah. Dan Tanjung Setia mempertegas sekaligus melengkapi hal itu. Lewat Tanjung Setia, Lampung memiliki event sport tourism internasional. Event yang selalu didatangi wisatawan setiap tahunnya. Yaitu kejuaraan dunia surfing Krui Pro,” tutur Esthy, Selasa (23/4).

Selama ini, pantai Tanjung Setia dikenal sebagai surganya para peselancar. Ada alasan khusus untuk itu. Kawasan pantai di Pesisir Barat itu memiliki sekitar 21 surfing spots. Tentunya dengan karakter yang berbeda-beda.

“Dengan karakter ombaknya yang stabil sepanjang tahun, Tanjung Setia jelas menjadi pilihan para surfer. Karena, tidak membutuhkan waktu tertentu bagi mereka untuk menaklukkan ombak. Inilah kelebihan Tanjung Setia,” papar Esthy lagi.

Krui Pro adalah event hasil bekerja sama dengan World Surf League (WSL) & Asian Surf Championship (ASP). Ratusan peselancar mancanegara selalu menghadiri event bergengsi ini. Tahun ini pelaksanaan Krui Pro sudah memasuki tahun pelaksnaan ke-3.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani, banyak manfaat yang bisa diraih dari  event kelas dunia ini.

“Sebagai gambaran, event ini selalu dipantau surfer di berbagai dunia. Karena, WSL selalu menyiarkan live streaming kejuaraan di situs mereka. Artinya, nama Tanjung Setia, Pesisir Barat, dan Provinsi Lampung, akan ikut terangkat. Oleh karena itu, perlu dukungan dari pemerintah daerah agar event ini benar-benar berkualitas. Sedangkan Kementerian Pariwisata sudah membuktikan dukungan sejak beberapa tahun terakhir,” tuturnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga berharap Krui Pro dipersiapkan dengan matang.

“Sport tourism selalu menjadi cara efektif untuk mendatangkan wisatawan mancanegara. Krui Pro sudah membuktikannya. Sejak beberapa tahun terakhir, Krui Pro selalu dibanjiri wisatawan mancanegara. Untuk itu, pelaksanaannya harus semakin baik dari tahun ke tahun. Karena akan berimbas juga terhadap sektor pariwisata Pesisir Barat,” paparnya.(*)

Bagikan artikel ini: