Grab bakal 'pasangkan' penumpang dan pengemudi perempuan

Rabu, 24 April 2019 | 07:33 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Grab Indonesia akan mempertemukan penumpang dan pengemudi sama-sama perempuan untuk pesemasanan. Grab memiliki rencana untuk mempertemukan penumpang perempuan dengan mitra pengemudi Grab perempuan pula.

"Jadi, sebisa mungkin kami (akan) menghubungkan driver perempuan kalo misalnya ada penumpang perempuan, kalau ada suplainya (mitra pengemudi perempuan)," kata Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia, dalam acara jumpa media di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Sistem ini sendiri diboyong Grab demi mengurangi pelaku kejahatan seksual terhadap perempuan yang bisa terjadi di manapun, tak terkecuali di platform Grab.

Neneng menambahkan, pencocokan antara pengemudi dan penumpang dari jenis kelamin ini sejatinya memang akan dilakukan secara sistem. Artinya, penumpang tidak bisa memilih pengemudinya atau pun sebaliknya.

Perlu dicatat, sistem ini sangat bergantung kepada ketersediaan pengemudi perempuan yang berada di sekitar area titik penjemputan pengguna.

Misalnya, jika penumpang perempuan berada di wilayah Jakarta Utara, sementara pengemudi perempuan hanya ada di Jakarta Selatan, maka ia tidak akan mendapatkan pengemudi perempuan.

Penumpang tersebut kemudian akan mendapatkan pengemudi yang terdekat di sekitar titik penjemputannya, yang belum tentu adalah perempuan.

Terkait ketersediaan pengemudi perempuan, Neneng menyebut mitra pengemudi Grab yang berjenis kelamin perempuan saat ini sudah lebih dari 1.000 pengemudi. kbc10

Bagikan artikel ini: