Orang Indonesia paling senang berlama-lama berkomunikasi video call

Kamis, 25 April 2019 | 13:32 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pengguna aplikasi video call Google Duo di Indonesia cukup banyak dan durasinya termasuk paling tinggi di seluruh dunia.

"Indonesia berada di peringkat ketiga dari total pengguna Google Duo seluruh dunia. Dengan rata - rata durasi penggunaan video call yang cukup tinggi bahkan mencapai 10 persen lebih lama dibandingkan dengan rata - rata global," ujar Head of Consumer Marketing Google Indonesia Fibriyani Elastria di Kantor Google Indonesia, Jakarta Selatan, Rabu (24/4/2019).

Menurut data Google, pada 2018 tentang kebiasaan video call, terdapat 75 persen dari netizen berusia 18 ke atas menggunakan video call karena merindukan kehadiran seseorang, serta untuk melihat ekspresi dan visual wajah lawan bicaranya.

Studi tersebut menggunakan responden sebanyak 195 orang dari populasi online kota besar di Indonesia dan berusia 18 tahun ke atas. Dari data studi yang sama, sebanyak 48 persen orang Indonesia melakukan video call kepada pasangan dan 40 persen ditujukan untuk keluarga.

"Orang Indonesia melakukan layanan video call dengan beragam alasan. Beberapa di antaranya adalah 75 persen karena faktor merindukan seseorang, dengan 48 persen video call ke pasangan dan 40 persen ke keluarga," kata Fibriyani.

Sedangkan, untuk durasi telepon, pengguna Duo di Indonesia berkomunikasi lebih lama dari negara lainnya, bahkan mencapai 10 persen di dunia. Jika durasi menggunakan video call dibandingkan dengan negara-negara tertentu seperti Brasil, Indonesia 15 persen lebih lama dan dengan India, orang-orang Indonesia 50 persen lebih lama.

Menurut data Google per Desember 2018, pengguna Google Duo terbanyak di posisi pertama adalah warga Amerika Serikat, kedua oleh India dan ketiga Indonesia.

"Memang kami meluncurkan Google Duo di Indonesia yang fokus pada simpelnya berbicara lebih lancar dan fokus gambar tidak pecah atau suara yang tidak delay," tutur Fibriyani.

"Oleh karena itu kami menambahkan empat fitur baru yang bisa digunakan per hari ini, yakni Group Calling, Data Saving Mode, Duo for Web dan Video Message," imbuh dia.

Selain dengan Google Duo, warga Indonesia biasa melakukan video call menggunakan aplikasi WhatsApp. kbc10

Bagikan artikel ini: