Hansaplast ajak anak Indonesia pahami soal P3K dan mitigasi bencana sejak dini

Minggu, 28 April 2019 | 22:50 WIB ET

BATU, kabarbisnis.com: Hansaplast berkomitmen untuk terus menanamkan kesadaran pentingnya pertolongan pertama saat terjadinya kecelakaan (P3K) dan mitigasi bencana. Untuk itu, bersama Palang Merah Indonesia (PMI), Hansaplast melakukan edukasi melalui program Anak Siaga Hansaplast. 

Program yang bertajuk “Petualangan Anak Siaga Hansaplast” ini dikonsep menjadi kegiatan perkemahan yang cukup menarik. 250 anak Sekolah Dasar di kota Malang dan Kabupaten Malang diberi pelatihan dan pemahaman tentang bagaimana memberikan pertolongan pertama pada orang yang terluka dan bagaimana melakukan mitigasi bencana.

“Pemahaman soal bagaimana memberikan pertolongan pertama dan bagaimana mitigasi bencana ini masih sangat minim di masyarakat kita. Untuk itu kami ingin memberikan pemahaman lebih dalam dan menggugah kesadaran mereka sejak dini melalui berbagai kegiatan di sini. Harapannya, mereka bisa melatih teman sekolahnya saat pulang dari perkemahan,” ujar Marketing Manager Hansaplast Setiawan Saputra di area perkemahan kawasan Kusuma Agrowisata Batu, Sabtu (27/4/2019).

Dijelaskannya, program Petualangan Anak Siaga Hansaplast adalah program train the trainers seputar pertolongan pertama untuk anak SD. Program ini telah dijalankan sejak tahun 2015 dan hingga kini telah melatih lebih dari 150 ribu anak SD di seluruh Indonesia. Pada tahun 2018, program ini telah dijalankan di 30 SD di Jakarta. Dan pada tahun ini, Hansaplast bersama PMI menargetkan mampu memberikan edukasi kepada 10 ribu anak SD.

“Konsep tahun ini adalah petualangan anak siaga Hansaplast dimana para siswa mendapatkan edukasi seputar pertolongan pertama serta pelatihan secara peer to peer oleh tim PMI. Dengan pelatihan ini, kami berharap para siswa akan kembali ke sekolahannya dengan kemampuan untuk melatih dan mengedukasi teman sekolah mereka seputar pertolongan pertama,” tambah Ketua Bidang PMR dan Relawan Palang Merah Indonesia, Muhammad Muas.

Tidak hanya itu, Hansaplast bersama PMI juga telah membuat buku comic tentang pertolongan pertama. Tahun 2018 ada dua series yang telah terbitkan dan disebarkan ke sejumlah SD. Pada tahun ini, rencananya ada tiga series yang diterbitkan. Ketiga buku itu memiliki topik yang berbeda. Buku pertama memberikan penjelasan tentang pertolongan pertama, buku kedua tentang apa itu luka, dan buku ketiga tentang siaga bencana.

“Buku ini akan kami bagi ke SD di seluruh Indonesia secara bertahap. Harapannya, nantinya semua SD di seluruh Indonesia memilikinya dan menjadi sumbangsih nyata dalam memberikan pemahaman tentang pentingnya pertolongan pertama dan tentang mitigasi bencana,” pungkasnya.kbc6

Bagikan artikel ini: