Pasar potensial, lahan sekitar stasiun LRT diburu pengembang properti

Senin, 29 April 2019 | 06:47 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Banyaknya pengembangan hunian di sekitar stasiun LRT menjadi daya tarik tersendiri bagi pengembang properti. Tak hanya pengembang pelat merah alias Badan Usaha Milik Negara (BUMN), swasta pun ikut ambil bagian.

Pengembang-pengembang ini menyerbu lahan di sekitar LRT untuk membuat kawasan hunian berkonsep transportasi, alias TOD (Transit Oriented Development).

Memang seiring dengan laju pembangunan moda transportasi di Jakarta konsep hunian yang nempel stasiun ini menjadi tren.

Salah satunya yang terjadi di Stasiun LRT Ciracas. Dari pantauan detikFinance, Minggu, (28/4/2019), sudah ada dua lahan kawasan hunian berbasis TOD. Para pengembang pun telah memulai proyek pembangunan apartemen di sana.

Pertama terletak di 250 meter arah utara Stasiun LRT Ciracas, yakni Sakura Garden City telah memulai tahap pembangunannya. Kawasan TOD besutan pengembang swasta Trivio Group ini bahkan menggandeng 2 perusahaan besar asal Jepang, Daiwa House dan JOIN, yang bergabung dalam PT Sayana Integra Properti.

Rencananya, akan ada 4 tower yang dibangun di Kawasan Sakura Garden City ini. Nantinya, akan ada total 2200 unit dan 90 unit ruko yang disediakan di kawasan ini.

Bukan hanya itu, bertolak ratusan meter ke arah selatan Stasiun LRT ada juga kawasan TOD bertajuk LRT City. Kawasan ini merupakan besutan anak usaha perusahaan plat merah PT Adhi Karya.

Di tahap pertama pembangunannya ini, LRT City Ciracas akan membangun 2 tower apartemen dengan total 1630 unit, total towernya sendiri direncanakan ada 5. Apartemen LRT City Ciracas ini diberi nama Urban Signature.

Kawasan TOD sendiri sudah tidak asing lagi di Indonesia, khususnya Jakarta. Beberapa proyek hunian nempel stasiun ini sudah berjalan di beberapa titik.

Beberapa diantaranya adalah yang dilakukan di sekitar stasiun-stasiun Kereta Api. Setidaknya, di Jakarta saja sudah ada proyek TOD Pondok Cina, TOD Tanjung Barat, TOD Cisauk, serta TOD Tanah Abang yang masih berjalan pembangunannya.

Untuk informasi, pembangunan jalur lintasan LRT Jabobedek pun terus dikebut, rute Cibubur-Cawang pun hampir selesai. Lintasan layangnya sendiri sudah tersambung penuh dari Cibubur hingga ke Cawang, kini hanya tersisa pengerjaan stasiun dan pemasangan rel.

Stasiun Ciracas sendiri berada di dalam trase satu LRT Jabodebek ini alias rute Cibubur-Cawang. Rencananya, Juli ini jalur LRT tersebut akan diuji coba. kbc10

Bagikan artikel ini: