Keren! Bank Jatim Raih TOP BUMD tiga tahun berturut-turut

Jum'at, 3 Mei 2019 | 08:16 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bank Jatim kembali menoregkan prestasi dalam ajang TOP BUMD Award 2019. Dalam acara penganugerahan yang bertajuk “BUMD Membangun Ekonomi Daerah yang Berkelanjutan” di Jakarta belum lama ini, Bank Jatim berhasil meraih penghargan kategori TOP BUMD of The Year 2019, Top BUMD Best All Criteria 2019, Top BUMD BPD 2019, TOP CEO BUMD 2019. Kali ini bankjatim berhasil menyisihkan 162 peserta BUMD lainnya.

Dalam acara yang sama, Dewan Juri juga memberikan penghargaan kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam kategori Top Pembina BUMD Award yang diwakilkan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdaprov Wahid Wahyudi.

Direktur Keuangan Bank Jatim Ferdian Timur Satyagraha bersyukur atas penghargaan yang diterima. Hal ini menegaskan bahwa Bank Jatim terus menunjukkan komitmennya dalam berperan serta meningkatkan pembangunan ekonomi daerah secara berkelanjutan. 

“Bank Jatim juga berterima kasih atas support yang telah diberikan oleh Ibu Gubernur Khofifah Indar Parawansa selama ini. Kami berharap sinergi antara Bank Jatim dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur tahun ini dan selanjutnya terus terjalin dengan baik demi pembangunan ekonomi daerah yang berkelanjutan,” kata Ferdian.

Ketua Dewan Juri TOP BUMD Award 2019 Prof. Dr. Laode M. Kamaluddin MSc. MEng menjelaskan, kriteria TOP BUMD of the Year 2019 adalah BUMD yang memiliki kinerja terbaik dan yang relevan dengan tema TOP BUMD, yakni BUMD Membangun Ekonomi Daerah Yang Berkelanjutan.

“Jadi, Kalau hanya berkinerja terbaik saja tetap tidak dapat menjadi BUMD of the year, namun BUMD tersebut harus relevan dengan tema TOP BUMD 2019,” tegas Laode. 

Tiga tahun berturut-turut, Bank Jatim dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur saling berdampingan dalam menerima penghargaan TOP BUMD Award. Hal ini menunjukkan adanya relevansi antara kinerja bankjatim dengan pembangunan ekonomi daerah Jawa Timur yang berkelanjutan. 

Penghargaan yang diterima menegaskan keberhasilan bankjatim di tahun 2018 yang menunjukkan kinerja luar biasa. Bankjatim mencatatkan pertumbuhan total aset sebesar Rp. 62,69 T (YoY 21,68%), DPK sebesar Rp. 50,92 T (YoY 27,78%)  yang didominasi dana murah dengan CASA 75,41 %, kredit sebesar Rp.33,89 T (YoY 6,74%) dan Laba sebelum pajak sebesar Rp. 1,75 T (YoY 7,13%).

Rasio keuangan bankjatim posisi Desember 2018 lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 17,75 %, Net Interest Margin (NIM) sebesar 6,37 %, Return On Asset (ROA) 2,96 % , sedangkan Biaya Operasional dibanding Pendapatan Operasional (BOPO) masih tetap terjaga di angka 69,45 %. Hal ini menunjukkan bankjatim  menjadi salah satu bank dengan efisiensi yang baik.

Sebagai perusahan terbuka, saham bankjatim (BJTM) sebagai salah satu saham favorit pilihan masyarakat dengan market capitalization BJTM mencapai Rp 10,33 Triliun di akhir tahun 2018. Tahun ini Bank Jatim membagikan dividen sebesar Rp. 45,61 per lembar saham kepada pemegang saham melalui keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2018 beberapa waktu yang lalu. kbc9

Bagikan artikel ini: