OJK pelototi dua transaksi semu di pasar modal, siapa dia?

Minggu, 5 Mei 2019 | 08:34 WIB ET

BANDUNG, kabarbisnis.com: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah menyelidiki dua transaksi saham yang diduga melanggar Undang-Undang (UU) Pasar Modal.

Kedua transaksi saham tersebut diduga merupakan perdagangan semu yang bertujuan mempengaruhi pergerakan saham demi keuntungan pelaku.

Direktur Penyidikan Sektor Jasa Keuangan OJK, Janner Pasaribu mengatakan, saat ini melakukan penyelidikan lebih dalam terhadap dua transaksi saham yang diduga merupakan perdagangan semu.

Sebagai lembaga otoritas keuangan, pihaknya mengaku langkah ini sejalan dengan fungsi dan tugas OJK dalam mengawasi industri jasa keuangan tanpa terkecuali.

"Saat ini sedang berjalan dan masih ada dua penyelidikan transaksi dua saham dengan inisial MK dan lupa satu lagi, itu sedang disidik," kata Janner di Bandung, seperti dikutip, Sabtu (4/5/2019). 

Jannee mengatakan, tim penyidik OJK sebelumnya juga telah menyelesaikan penyelidikan terhadap dua transaksi semu atas saham PT Sekawan Inti Pratama Tbk (SIAP) dan PT Sidomulya Selaras Tbk (SDMU). 

"Untuk kasus transkasi SIAP dan SDMU sudah P21, tapi belum di berkas. Dugaan sementara keduanya terkait dengan perdagangan semu," imbuhnya. kbc10

Bagikan artikel ini: