Triwulan I/2019, ekonomi Jatim tumbuh 5,51 persen

Selasa, 7 Mei 2019 | 10:13 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kinerja ekonomi Jawa Timur pada awal tahun ini cukup menggembirakan. Data Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim menunjukkan, ekonomi Jatim pada triwulan I-2019 dibanding Triwulan I-2018 tumbuh 5,51 persen (y-on-y). Pencapaian ini lebih tinggi dibanding triwulan I-2018 yang mencapai sebesar 5,42 persen. Dari sisi produksi, beberapa lapangan usaha mengalami pertumbuhan positif 5,51 Persen.

Kepala BPS Jatim, Teguh Pramono menjelaskan bahwa pertumbuhan tertinggi terjadi pada Lapangan Usaha Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial sebesar 7,86 persen, diikuti Industri Pengolahan sebesar 7,28 persen, dan Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum sebesar 6,87 persen.

Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi Pengeluaran Konsumsi LNPRT sebesar 11,21 persen, diikuti Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga sebesar 4,87 persen, dan Pengeluaran Konsumsi Pemerintah sebesar 4,81 persen.

"Jika diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp 561,55 triliun, sedangkan PDRB atas dasar harga konstan mencapai Rp 396,47 triliun," tambahnya.

Tingginya pertumbuhan ekonomi Lapangan Usaha Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial karena jumlah pengunjung di klinik kesehatan meningkat akibat faktor cuaca ekstrim, suhu dingin, musim hujan dan banjir.

Sedangkan, pertumbuhan ekonomi Lapangan Usaha Industri Pengolahan didorong oleh meningkatnya Industri Makanan dan Minuman serta Industri Tekstil karena perusahaan-perusahaan menaikkan produksi untuk stok menghadapi momen puasa dan lebaran, dan Industri Kertas dan Percetakan meningkatkan produksinya untuk pencetakan kertas suara dan alat peraga untuk keperluan Pemilu 2019.kbc6

Bagikan artikel ini: