Tak lengkap liburan ke Jogja tanpa belanja 7 oleh-oleh enak dan murah ini

Sabtu, 11 Mei 2019 | 09:55 WIB ET
Foto: Youtube/Arif Mustaqim
Foto: Youtube/Arif Mustaqim

SURABAYA, kabarbisnis.com: Siapa yang tak kenal Jogjakarta. Koa ini telah lama menjadi salah sau destinasi favorit wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Bukan saja karena banyak objek wisata yang cocok dikunjungi, namun banyak oleh-oleh khas daerah ini yang bisa dibawa untuk buah tangan.

Harganya pun bisa dibilang relatif terjangkau, yang memungkinkan Anda untuk membeli banyak buah tangan dari Kota Pelajar itu.

Tak perlu khawatir kalau oleh-oleh yang Anda beli melebihi batas beban maksimal kabin pesawat, karena Anda bisa beli extra bagasi dengan Traveloka.

Nah, buat Anda yang berencana liburan ke Jogja dan masih bingung menentukan oleh-oleh apa, berikut rekomendasi oleh-oleh khas Jogja yang terkenal enak dan wajib dibawa pulang:

1. Bakpia

Oleh-oleh ini seakan telah menjadi buah tangan 'wajib' saat liburan ke Jogja. Dari waktu ke waktu, popularitas bakpia memang tak pernah terkalahkan. Saat ini telah banyak varian oleh-oleh khas Jogja yang lebih kekinian. 

Cita rasa bakpia pun tak pernah berubah bahkan bisa dibilang lebih enak karena memiliki varian rasa yang lebih beragam. Misalnya saja, bakpia green tea, bakpia susu, dan bakpia durian yang ternyata mampu mencuri perhatian khalayak ramai.

Bahkan, kini terdapat bakpia kukus yang tak kalah nikmat. Walau namanya bakpia kukus, bentuknya lebih mirip seperti pao mini. Bakpia kukus sukses menarik minat wisatawan karena memiliki tekstur yang lembut luar dan dalam. Soal rasa tak perlu Anda ragukan lagi, cita rasa yang nikmat membuat penganan ini jadi yang terlaris di Jogja.

2. Salak pondoh

Disebut juga salak super Sleman, salak pondoh bisa dijadikan alternatif oleh-oleh saat liburan ke Kota Pelajar. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang manis segar membuat salak asal Jogja ini begitu disukai. Bahkan, salak ini sudah diekspor hingga ke Selandia Baru, loh! Tak heran kalau salak yang biasa tumbuh di lereng Gunung Merapi ini selalu diburu wisatawan.

Kalau ingin membawa pulang salak pondoh sebagai oleh-oleh, Anda bisa membelinya di Kampung Gandung. Berada di kawasan Sleman, kawasan ini menyediakan perkebunan salak yang dilengkapi dengan taman bermain. Cocok buat Anda yang ingin membeli salak pondoh dalam jumlah banyak.

3. Keripik tempe sagu

Keripik tempe sagu jadi oleh-oleh selanjutnya yang bisa Anda bawa pulang dari Kota Gudeg. Sebenarnya, dulu hanya ada keripik tempe biasa tapi kemudian resepnya dimodifikasi dengan penambahan sagu di dalam adonannya.

Alhasil, keripik tempe sagu satu ini punya tekstur yang kriuk dan renyah abis. Mencari keripik tempe sagu di Jogja pun tak sulit sebab makanan ringan klasik ini bisa kamu temukan hampir di seluruh pusat oleh-oleh Jogja.

4. Gudeg kaleng

Buat pecinta gudeg pasti ingin banget bawa pulang gudeg Jogja kesukaan mereka. Namun, sayangnya tekstur gudeg yang basah membuat kamu kesulitan dalam membawanya. Bisa saja gudeg yang Anda bawa malah tumpah atau berceceran ke mana-mana.

Nah, untungnya kini sudah ada inovasi gudeg kalengan yang bisa Anda bawa ke mana-mana dengan mudah dan pastinya tidak bakal tumpah. Oleh-oleh khas Jogja satu ini cocok banget buat dibagikan ke teman atau keluarga yang doyan banget gudeg.

5. Oseng mercon kaleng

Sesuai namanya, hidangan ini memang memiliki rasa pedas seperti mercon. Oseng mercon sendiri sebenarnya merupakan kuliner hits Jogja yang saat ini begitu digemari wisatawan lokal.

Nah, buat Anda yang menyukai makanan pedas wajib banget bawa pulang oseng mercon kalengan yang bisa kamu temukan di warung tenda Oseng Mercon Bu Narti.

6. Geplak

Kalau liburan ke Jogja jangan lupa bawa pulang geplak. Menjadi salah satu makanan legendaris Jogja, geplak terbuat dari parutan kelapa, gula, dan pewarna makanan. Varian rasanya pun beragam, mulai dari nangka, durian, cokelat, dan vanila.

Meski harus bersaing dengan oleh-oleh lain yang lebih modern, nyatanya popularitas geplak tak pernah luntur atau tergerus zaman. Peminatnya pun ternyata masih cukup banyak. Biasanya geplak bisa Anda temukan di pusat oleh-oleh Jogja.

7. Cokelat khas Jogja

Pecinta cokelat, mana suaranya? Tahukah Anda kalau Jogja punya cokelat khas yang tak kalah enak dengan cokelat Belgia. Menggunakan premium dark chocolate sebagai bahan utamanya membuat rasa cokelatnya begitu kaya. Buat yang suka cokelat dengan sensasi rasa sedikit pahit pasti suka banget dengan cokelat satu ini.

Jika tertarik membawa pulang cokelat asli Nusantara ini, Anda bisa berkunjung ke pusat tokonya yang berlokasi di kawasan Kotagede. Di sana, Anda tak hanya bisa membeli cokelat tapi juga bisa sekalian melihat cara pembuatannya.

Demikian oleh-oleh khas Jogja yang patut Anda bawa pulang. Dari sekian jenis oleh-oleh, menurut Anda, mana yang menarik untuk buah tangan keluarga, saudara atau teman? kbc7

Bagikan artikel ini: