Jelang mudik lebaran, Menteri Jonan tinjau kesiapan SPBU di ruas tol Surabaya-Semarang

Minggu, 12 Mei 2019 | 10:04 WIB ET

NGAWI, kabarbisnis.com: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan didampingi Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas`ud Khamid melakukan peninjauan terkait kesiapan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di ruas tol Surabaya-Semarang, Jumat (11/5?2019).

Rombongan meninjau dua titik SPBU yaitu SPBU KM 575B Ngawi dan SPBU KM 519B Solo. Kedua SPBU tersebut sudah beroperasi dan dapat melayani kebutuhan BBM masyarakat yang melintasi jalur tol.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Jonan menekankan pentingnya fasilitas pengisian BBM yang memadai di ruas tol yang baru saat musim mudik lebaran 2019. Untuk itu, ia berharap seluruh mesin pengisian atau nozzle yang ada di seluruh SPBU sepanjang ruas tol bisa beroperasi maksimal saat musim mudik lebaran besok.

“Yang terpenting itu jumlah nozzlenya, bukan luasnya areanya. Ya kalau disini ada 30 nuzzle dan aktif semua, bisa 30 mobil sekaligus ngisi. Ini sudah cukup,” tegas Jonan di sela meninjau fasilitas SPBU KM 575B Ngawi.

Menanggapi hal tersebut, Mas`ud menyatakan bahwa untuk saat ini nozzle di SPBU KM 575 Ngawi memang belum semuanya diisi dan beroperasi karena menyesuaikan trafik. Dan ia memprediksikan, traffic akan mulai naik dikisaran H-2 minggu. Saat trafik naik tersebut, maka Pertamina akan mengisi full seluruhnya.

Ia menjelaskan, di seluruh jalur tol di wilayah Jawa Timur, Pertamina akan menyiapkan 11 SPBU dan 1 Kios Pertamina Siaga di jalur tol sepanjang Surabaya - Solo. Sementara di jalur tol Surabaya-Malang dan Surabaya-Probolinggo, juga akan disiapkan 7 SPBU dan 1 Kios Pertamina Siaga.

Salah satu SPBU yang disiapkan adalah SPBU 51.632.21di rest area Ruas Tol Trans Jawa KM 575B (Madiun-Ngawi), yang dikunjungi rombongan Menteri ESDM. SPBU di jalur arah keluar Surabaya, telah beroperasi sejak 10 Mei 2019 kemarin.

SPBU di Desa Ngela Kec. Paron Kab. Ngawi ini berada di area seluas 2.000 meter persegi. Saat ini SPBU disiapkan untuk melayani penjualan produk Pertamax Turbo, Pertamax, Pertalite, Biosolar, Dexlite, dan Pertamina Dex, dengan kapasitas tangki timbun total 434 KL.

Pada kesempatan yang sama, VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan, Pertamina menyiapkan setidaknya 112 titik layanan BBM di sepanjang jalur Tol Trans Jawa yang membentang dari Merak hingga Pasuruan. Titik layanan tersebut terdiri dari 44 SPBU, 25 Mobile Dipenser (Mobil Tangki yang dilengkapi flowmeter) dan 43 Kios Pertamina Siaga. Selain itu, pelayanan juga ditambah dengan 50 unit motorist BBM (motor pengantar BBM) dan jaminan stok BBM di SPBU diperkuat dengan adanya 19 titik kantong BBM.

“Kami berusaha maksimal untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik. Diharapkan dengan adanya titik pelayanan BBM ini dapat memberikan rasa tenang dan aman kepada pemudik,” ujarnya.

Pertamina memahami perjalanan mudik biasanya cukup melelahkan bagi pemudik, meskipun melalui jalur tol. Untuk itu, Pertamina juga menyiapkan 9 titik Rumah Pertamina Siaga di sepanjang jalur Tol Trans Jawa sebagai tempat istirahat bagi pemudik yang merasa lelah. Dalam Serambi Pertamax ini akan disediakan layanan pijat, tempat bermain anak, dan lainnya untuk melepas Lelah.

“Mengingat keselamatan berkendara adalah yang utama, maka kami menyarankan pemudik untuk beristirahat cukup di sela-sela perjalanan jauhnya. Salah satunya bisa mampir di Rumah Pertamina Siaga yang tersedia di beberapa titik yang bisa diketahui melalui aplikasi MyPertamina dan WAZE. Layanan ini tersedia mulai H-10 Idul Fitri,” pungkasnya. kbc6

Bagikan artikel ini: