Startup ini tawarkan layanan ragam wisata halal dalam satu platform

Minggu, 12 Mei 2019 | 16:18 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Beragam cara kaum muslim dalam menyambut maraknya bulan Ramadan. Mulai berbelanja segala pernik dan perlengkapan ibadah hingga berwisata sekaligus umrah ke Tanah Suci. Potensi ini pula yang ditangkap startup layanan wisata religi. Salah satunya GohalalGo.com.

Adapun layanan dari GohalalGo adalah memberikan ragam pilihan wisata halal, mulai dari ibadah umrah, hingga ibadah haji. Jadi, startup ini merupakan marketplace untuk biro umrah dan haji. "Yang membedakan kami dengan yang lain adalah, kami terkoneksi secara real time dengan mitra bisnis," kata Alip, pendiri dan Chief Financial Officer GohalalGo, kemarin.

Saat konsumen ingin mendapatkan layanan di GohalalGo dan mengklik salah satu mitra bisnisnya, yakni biro umrah dan haji, maka bakal menyajikan kapasitas terkini. Apakah sudah full booked atau lowong.

Konsumen juga bisa mendapat gambaran, kursi pesawat mana yang masih lowong, kemudian hotel favorit mana yang masih kosong. Saat konsumen memberi pilihan ke salah satu paket wisata di salah satu biro wisata, biro wisata yang bersangkutan langsung ter-update kapasitas orang yang masih tersedia atau malah sudah habis.

Hingga kini, GohalalGo sudah menggandeng 10 mitra biro wisata umrah dan haji, dengan paket ibadah umrah termurah sebesar Rp 19 juta. Supaya memberi rasa aman ke calon jamaah, GohalalGo juga memberi fasilitas asuransi berbasis syariah, supaya pesanan dan perjalanan wisata religi berlangsung lancar dan nyaman.

Untuk pengembangan situs tersebut, Alip mengklaim masih berasal dari dana pribadi pendiri. Meski begitu, tidak tertutup kemungkinan untuk bisa bermitra dengan para investor lainnya. Jika ada suntikan dana, bakal dipakai untuk pengembangan usaha lebih lanjut.

Adapun rencana ekspansi dalam waktu dekat yang akan GohalalGo lakoni adalah membuat fitur pemesanan hotel pada Juni 2019 nanti. Lantas pada November, start up ini berencana mengoperasikan aplikasi mobile.

Dengan aplikasi tersebut, Alip menargetkan semua layanan wisata religi bisa terpenuhi di GohalalGo. Tidak cuma sekedar pemesanan paket umrah atau ibadah haji saja, tapi juga pemesanan layanan lainnya. Ada hotel hingga tiket pesawat untuk umrah laiknya aplikasi wisata lainnya.

Kalau rencana bisnis tersebut lancar, ekspansi berikutnya yang sudah dalam agenda bisnis Alip adalah membuat Warung GohalalGo pada 2020. Ini adalah konsep kemitraan keagenan GohalalGo. Jadi nanti agen GohalalGo bisa mendapatkan komisi dari setiap transaksi yang didapat. Tapi ia enggan memperinci besaran komisinya. kbc10

Bagikan artikel ini: