Mitsubishi Ramadan Auto Expo targetkan penjualan 200 unit

Minggu, 12 Mei 2019 | 22:08 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus agresif menggenjot penjualan mobil andalannya, yaitu Xpander. Sampai akhir tahun ini ditargetkan angka sales Xpander secara nasional mampu tumbuh minimal 5 persen dibanding tahun 2018.

Head of Field Marketing Region 2 MMKSI Dessu Herdiyanto mengatakan, secara umum pencapaian Mitsubishi sepanjang tahun lalu di area Surabaya sebenarnya sudah on the track. Terbukti dari angka marketshare Xpander berhasil meraih 29,3 persen dan Pajero Sport sebesar 40,1 persen di tahun 2018. “Kemudian untuk kontribusi penjualan Xpander di Jatim terhadap nasional sekitar 12 persen. Lalu kalau kontribusi Surabaya terhadap Jatim sebanyak 40 persen,” terangnya saat kegiatan Mitsubishi Ramadan Auto Expo di Tunjungan Plaza kemarin (10/5).

Dessu menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan berbagai strategi demi meningkatkan penjualan Xpander di Jatim. Seperti menghadirkan varian Xpander Limited yang baru saja dilaunching saat event IIMS 2019 di Jakarta April lalu. Mobil limited edition tersebut hadir dengan basis dari Xpander varian Ultimate transmisi matik dan hanya diproduksi 1.000 unit di Indonesia. “Karena Jatim berperan penting terhadap kinerja Mitsubishi maka kami hadirkan juga produk Limited di pameran ini. Khusus Surabaya dan Jatim, kami alokasikan bisa memperoleh kuota Xpander Limited sekitar 120 unit,” papar Dessu. 

Selain itu, untuk menarik minat beli konsumen, saat ini Mitsubishi tengah gencar memperkenalkan campaign terbarunya. Yaitu #PilihXpanderPinterBener. Kampanye tersebut bertujuan untuk mengedukasi konsumen dan calon konsumen tentang keuntungan yang didapat jika membeli Mitsubishi Xpander. “Lewat campaign ini kami ingin masyarakat tau keunggulan Xpander dan paham akan manfaat layanan aftersales Mitsubishi yang tentunya bisa berpengaruh terhadap harga jual mobil,” tutur Deputy Group Head of Sales & Marketing Division MMKSI Amiruddin.

Lalu, strategi lainnya yang dilakukan Mitsubishi untuk memenangkan market yaitu dengan rutin menyelenggarakan pameran. Seperti Mitsubishi Ramadan Auto Expo ini. Event yang digelar mulai tanggal 9 Mei - 12 Mei di Surabaya itu menargetkan mampu meraih SPK sebanyak 200 unit. Menurut Amiruddin, lewat exhibition tersebut pihaknya ingin memanfaatkan momentum lebaran untuk memenuhi kebutuhan kendaraan konsumen. 

“Berkaca dari tahun lalu, momen lebaran mampu meningkatkan sales kami sampai 20 persen dibanding bulan biasa. Makanya kami berharap lewat pameran ini bisa mendongkrak penjualan juga,” kata Amiruddin. Sebab, saat Idul Fitri biasanya akan banyak masyarajat yang ingin memiliki mobil baru. Sehingga Mitsubishi tidak mau menyia-nyiakan peluang tersebut.

Terkait keberadaan stok unit Xpander, Amiruddin menegaskan, pihaknya telah mempersiapkan sejak dua bulan lalu untuk mengantisipasi lonjakan permintaan ketika Lebaran. “Sekarang semuanya ready stok. Tapi mungkin kalau untuk varian Xpander yang sport transmision memang harus inden dulu sekitar setengah bulan sampai sebulan karena demandnya cukup banyak,” ujarnya. 

Sementara itu, selain jatim dan surabaya, MMKSI tahun ini juga akan fokus mengembangkan market di Sidoarjo, Gresik, Malang, Bojonegoro, dan Kediri. Amiruddin menilai kontribusi penjualan Xpander di wilayah tersebut cukup baik. “Sidoarjo dan Gresik menyumbang 18 persen, lalu Malang 15 persen, Bojonegoro 10 persen, dan Kediri 8 persen,” imbuhnya.

Bagikan artikel ini: