Empat perusahaan perkuat pembiayaan kredit Wuling

Senin, 13 Mei 2019 | 14:47 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Sebanyak empat perusahaan ternama, yakni SAIC Motor HK Investment Limited, General Motors Financial Company, Inc, Wuling Motors, dan Sinarmas Multiartha Tbk membentuk PT SGMW Multifinance Indonesia atau Wuling Finance yang bergerak di sektor pembiayaan otomotif. Keempat perusahaan itu mengucurkan total dana Rp 600 miliar ke Wuling Finance.

SAIC Motor HK Investment Limited adalah anak perusahaan dari SAIC Motor Corporation, produsen mobil terbesar di Tiongkok, sedangkan General Motors Financial Company Inc. adalah perusahaan penyedia global pembiayaan otomotif dengan operasi di Amerika Serikat, Amerika Latin, Kanada, Eropa, Tiongkok dan Asia Pasifik. Adapun Wuling Motors adalah produsen mobil Wuling, sedangkan Sinarmas Multiartha adalah salah satu perusahaan keuangan terkemuka di Indonesia.

Ruang lingkup bisnis Wuling Finance adalah memberikan pinjaman kepada dealer mobil untuk tujuan pembelian mobil atau fasilitas untuk operasi dan menyediakan pembiayaan angsuran ritel untuk pembelian mobil oleh konsumen dari dealer.

"Pada tahap pertama, kami telah membangun 75 sales point untuk mendukung penjualan dealer Wuling di Indonsia. Kami berharap dengan usaha ini, kami dapat memberikan pengalaman layanan lebih baik dan lebih cepat kepada pelanggan," ujar Presiden Direktur Wuling Finance Nathan Sun di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Wuling Finance, kata dia, menggunakan teknologi terkini yang memprioritaskan pelayanan terbaik untuk konsumen Wuling Motors dengan fitur proses cepat yang didukung aplikasi mobile. Hal ini memungkinkan data-data pelanggan terproses secara real time. Dengan demikian, hasil keputusan kredit dapat diterima konsumen lebih cepat.

Selain proses kredit yang lebih cepat, dia menuturkan, Wuling Finance memiliki keunggulan lain yang patut dipertimbangkan oleh konsumen, yakni bayar pertama sesuai kantong. Artinya, konsumen dapat menyesuaikan pembayaran pertama sesuai kemampuan keuangan.

Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin menuturkan, tak sekadar memperluas akses pembiayaan kepemilikan kendaraan bermotor, langkah yang dilakukannya sekaligus memberikan pendidikan pengelolaan keuangan bagi masyarakat luas.

"Kami berharap, kemitraan ini tak sekadar memperluas jangkauan pembiayaan kepemilikan kendaraan bermotor bagi masyarakat, namun memberikan pula pendidikan pengelolaan keuangan, sehingga masyarakat selain memahami bagaimana memilih kendaraan bermotor berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan, mesti lah selaras dengan kemampuan finansial mereka," urainya, dalam keterangan tertulis, akhir pekan lalu.

Pihaknya mengapresiasi komitmen SAIC-GM-Wuling Automobile berinvestasi di Indonesia, yang semakin kuat seiring berjalannya waktu, karena selepas mendirikan fasilitas produksi Wuling Motor di Greenland International Industrial Center, Cikarang, Bekasi, kini bergerak pula ke penyediaan pendanaan kredit kepemilikan kendaraan bermotor.

Saleh mengatakan, meskipun investasi Sinar Mas melalui PT Sinar Mas Multiartha berupa 19 persen kepemilikan saham di PT SGMW Multifinance Indonesia, secara regulasi tidak memungkinkan pihaknya melakukan transaksi material, namun hal tersebut bermakna keyakinan terhadap kekuatan pangsa pasar otomotif di negeri ini.

"Seperti halnya kepercayaan kami terhadap reputasi mitra baru kami sebagai salah satu produsen otomotif terbesar dunia. Sudah barang tentu, hal ini dapat terwujud melalui dukungan lembaga pembiayaan yang resmi seperti PT SGMW Multifinance Indonesia," ujar Saleh. kbc10

Bagikan artikel ini: