Meski permintaan tinggi, tak ada lagi kereta tambahan untuk mudik Lebaran

Rabu, 15 Mei 2019 | 07:59 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) memastikan tak akan mengalokasikan kereta tambahan lagi untuk angkutan Lebaran 2019.

Dirut KAI Edi Sukmoro mengatakan, kereta tambahan sudah digelontorkan sejak H-60 Lebaran sebanyak 50 perjalanan per hari.

"Tiket tambahan sudah dijual H-60. Itu adalah 50 perjalanan kereta api. Dan ya totalnya sudah kita hitung semuanya," kata Edi di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).

Dia mengatakan, pihaknya sudah tak memiliki ruang untuk menyediakan kereta tambahan untuk Lebaran walaupun disadari permintaan tiket kereta masih tinggi.

"Kalau kereta kan nggak seperti pesawat terbang. Kalau kurang dia (pesawat) bisa sewa dari Singapura terbang ke sini. Lah kalau kereta kan gimana ngangkutnya dari luar negeri. Jadi armada yang sudah dikerahkan semua ini sudah habis," paparnya.

Dia mengatakan, pihaknya tak bisa memaksakan mengerahkan seluruh armada untuk melayani mudik. Pasalnya tetap harus ada yang disiapkan sebagai cadangan.

"Jadi itulah maksimum yang kita punya. Karena di samping armada yang memang disiapkan untuk operasi Lebaran kan harus ada cadangan, kalau ada apa-apa kasihan," tambahnya. kbc10

Bagikan artikel ini: