Jika para Malaikat diterjunkan ke jagat raya

Senin, 1 Februari 2010 | 10:46 WIB ET

FILM LEGION

JAKARTA, kabarbisnis.com : Malaikat adalah mahluk Allah, yang paling taat dan setiap saat selalu menjalankan tugas khusus dari Allah untuk turun ke jagat raya. Mahluk abadi yang diciptakan dari cahaya ini ada 10, dengan tanggung jawab tugasnya masing-masing yang sangat mulia.

Namun ditangan sineas Scott Stewart mencoba berfantasi memainkan peran dua Malaikat Gabriel (Jibril) dan Michael (Mikail). Kedua Malaikat ini diterjunkan ke bumi sesuai perintahNya lantaran Tuhan kecewa karena kehilangan kepercayaan terhadap mahluk yang ada di dunia ini.

Manusia dianggap sudah tak menghargai kehidupan, tak mengikuti perintahNya. Dengan kata lain, peradaban manusia semakin hari semakin kacau. Pembunuhan, perkelahian, segala macam dosa dilakukan manusia seakan tak ada lagi yang ingat akan nilai-nilai luhur agama.

Manusia dibumihanguskan dan akan muncul generasi baru yang lebih taat, lebih menjalankan perintahNya dan mematuhi segala laranganNya. Modus seperti ini memang mengingatkan kita pada kisah Nabi Nuh, dimana Nabi Nuh berusaha menyelamatkan manusia yang berperilaku baik, taat pada perintah dan menjahui segala larangan.

Gabriel (Kevin Durand), menjalankan tugas sesuai perintah tanpa pandang bulu. Manusia baik maupun buruk dieksekusi untuk melaksanakan pengadilan terakhir. Sebaliknya Michael (Paul Bettany) menganggap umat manusia hanya tersesat dan masih ada harapan untuk hidup lebih baik. Michael satu-satunya Malaikat yang berdiri antara manusia dan hari kiamat. Karena itu terjadi berbedaan pandangan, pertikaian tak bisa terelakan dan bumi dijadikan ring pertarungan sengit demi mencapai prinsip dan keyakinan sendiri-sendiri.

Terjunnya para Malaikat ke bumi, mengingatkan film Terminator. Satu persatu sang Malaikat turun dalam kondisi polos, tak pakai baju. Kedatangannya juga sangat mengejutkan. Gabriel berhasil merasuki manusia menjadi zombie untuk menumpaskan keinginannya. Sementera Michael berupaya menyelematkan umat manusia.

Dia berada di restoran desa terpencil kawasan New Meksiko yang lengkap dengan fasilitas bengkel dan pompa bensin milik Bob Hanson (Dennis Quaid) yang memiliki pelayan yang sedang hamil bernama Charlie (Adrianne Palicki) yang ternyata anak yang dikandungnya menjadi sasaran santapan dari roh-roh jahat atau bad angel yang bakal menjadi manusia pertama untuk kehidupan baru.

Saat asyik melayani Sandra dan Howard tiba-tiba datang seorang nenek yang pertamnya ramah dan selalu menjawab tangkas tapi saat melihat Charlie yang sedang hamil ia pun mendapatkan pernyataan yang tidak menyenangkan. Mikael akhirnya menjadi pemimpin sekelompok manusia baik untuk melakukan perlawanan terhadp kelompok Gabriel. Apa yang terjadi? jelas pertempuran yang sengit.

Memang hiburan suspense thriller yang dibumbui adegan aksi ini, jalan ceritanya tidak masuk akal sehat. Namun improvisasi sang sutradara dalam mebuat film ini menjadi sebuah pertikaian antara dua Malaikat, juga sekolompok manusia yang dijadikan zombie melawan manusia yang tak kerasukan setan menjadikan film Legion kayak ladang perkelahian dua kelompok.

Film berdurasi 110 menit ini alur ceritanya kurang digarap serius. Banyak celah kadang membuat kita bertanya-tanya soal logis tidaknya cerita ini, tidak ada hitam putih yang membuat kita menjadi berpikir, berimaginasi. meski tak semua film berlandaskan pada logika namun bila sang penulis naskah bisa membangun 'logika kecil' di dalam cerita itu sendiri dan mempertahankan keutuhannya, menjadikan logika itupun bisa diterima penonton. Meski demikian, film ini bisa tontonan alternatif menghilangkan kejenuhan, rutinitas kerja dan suasana yang bete akhirnya bisa melonggarka emosi kita. Kbc10

Genre : Action/ Thriller

Pemain : Paul Bettany, Lucas Black, Tyrese Gibson, Adrianne Palicki, Charles S. Dutton, Jon Tenney, Kevin Durand,

Sutradara : Scott Stewart

Penulis : Peter Schink, Scott Stewart

Producer : David Lancaster, Michel Litvak

Distributor: Screen Gems

Durasi : 110 minutes

Bagikan artikel ini: