Mau tahu bisnis yang bakal dilirik kaum milenial? Ini bocorannya

Rabu, 15 Mei 2019 | 08:59 WIB ET

SELAMA beberapa tahun belakangan ini, generasi milenial (Y) menyita banyak perhatian, termasuk para pebisnis sekalipun. Bukan hanya terbatas pada generasi milenial saja, kini sudah mulai memasuki era generasi Z.

Generasi ini dianggap memiliki karakter yang unik dan berbeda dari generasi-generasi sebelumnya, di mana hal ini jelas akan sangat memengaruhi perilaku sehari-hari mereka. Bukan hanya dalam bekerja, tapi juga dalam membelanjakan uangnya terbilang unik.

Jika Anda ingin menjalankan bisnis yang menyasar generasi muda ini, maka pastikan memahami dengan baik berbagai karakter mereka sejak awal.

Tak semua produk menarik perhatian

Tidak semua bisnis menarik bagi generasi muda ini, mengingat mereka memiliki sudat pandang tersendiri soal berberlanja. Jika generasi lain hanya fokus pada berbagai produk yang mereka butuhkan, maka generasi muda ini justru menunjukkan perhatian lainnya.

Selain produk, mereka juga mencermati beragam dampak dan juga kebaikan atas pembelian yang akan mereka lakukan. Hal ini tentu menjadi perhatian penting bagi Anda serta pelaku bisnis lainnya, mengingat genarasi muda ini merupakan salah satu kelompok konsumen yang aktif dan sangat menjanjikan.

Jika Anda bisa mendapatkan kelompok konsumen ini, maka bisnis Anda tentu bisa berjalan lancar dan mendapatkan angka penjualan yang maksimal. Lalu, bisnis apa sebenarnya yang menarik dan bisa mendatangkan konsumen anak muda?

Berikut beberapa peluang bisnis yang bisa jadi pilihan dan menguntungkan karena banyak diburu konsumen anak muda seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Industri kreatif

Tentu bukan rahasia lagi jika kaum milenial dan Z merupakan generasi yang tergantung internet seiring dengan perkembangan dunia teknologi di Indonesia. Generasi ini identik dengan pertumbuhan industri kreatif yang selama beberapa tahun belakangan justru semakin berkembang dengan pesat.

Mereka tertarik dengan berbagai jenis bisnis yang mandiri dan kreatif, bahkan meski industri ini baru tumbuh dalam skala yang kecil sekalipun. Bagi Anda yang berniat menjalankan bisnis dengan menyasar konsumen anak muda, maka memilih industri kreatif dengan basis teknologi digital bisa menjadi pertimbangan.

2. Bisnis berbasis sosial

Siapa bilang generasi Y dan Z merupakan generasi yang cuek dan tidak memiliki tingkat kepedulian yang tinggi? Generasi ini memang unik, termasuk pola pikir mereka terhadap berbagai masalah sosial yang ada di sekitarnya.

Mereka memiliki ketertarikan terhadap berbagai isu terkini di tengah-tengah masyarakat luas, termasuk yang berbau sosial. Generasi milenial tertarik dengan perusahaan yang aktif di bidang sosial masyarakat dan memiliki agenda tertentu terkait dengan hal itu.

Mereka peduli dan tertarik dengan berbagai aktifitas bisnis yang melibatkan serta memberdayakan orang-orang dengan keterbatasan fisik. Hal ini tentu cukup menarik, bahkan beberapa pebisnis menjadikannya sebagai salah satu langkah untuk mencapai generasi muda sebagai konsumen bisnisnya.

Anda bisa mencoba untuk memberdayakan mereka yang memiliki keterbatasan fisik, selama hal tersebut tidak menyalahi aturan dan juga menyulitkan bagi pekerja-pekerja itu.

Hal ini mungkin akan membutuhkan koordinasi yang sedikit rumit, di mana Anda perlu menghubungi dan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait lainnya untuk memberdayakan orang-orang yang istimewa seperti ini.

Namun jika Anda memang menyasar kaum muda sebagai konsumen bisnis Anda, maka langkah ini tentu layak untuk dicoba. Selain mendapatkan pasar yang luas, Anda juga akan berbuat kebaikan dan memberi kesempatan kerja bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik.

Kepedulian seperti ini tentu akan membuat hidup Anda lebih bahagia juga, bukan? Sebab Anda bisa menjadi bagian dari penggerak bagi mereka yang membutuhkan.

3. Bisnis yang peduli lingkungan

Bukan hanya kepedulian kepada kehidupan sosial semata, generasi Y dan Z ini juga memiliki tingkat kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan di sekitarnya. Generasi ini aktif menjadi pegiat lingkungan dan tertarik untuk ikut serta menjaga alam di sekitarnya dengan baik.

Hal ini tentu terbawa ke dalam berbagai aspek kehidupan mereka, termasuk ketika mereka berbelanja dan membeli berbagai produk yang mereka butuhkan. Generasi ini memiliki pandangan yang luas terhadap produk yang mereka konsumsi, termasuk efek yang ditimbulkan produk tersebut bagi kesehatan mereka.

Namun bukan hanya itu saja, generasi ini juga akan melihat dampak produk yang mereka konsumsi pada lingkungan sekitarnya, bahkan pada kehidupan secara keseluruhan. Penting bagi mereka untuk memastikan bahwa produk tersebut diproduksi dari berbagai sumber yang sehat dan jelas, sehingga aman dikonsumsi.

Selain itu, sisa produk-produk yang mereka gunakan juga menjadi perhatian khusus, terutama terkait dengan dampak yang akan disebabkannya terhadap lingkungan sekitar. Anda harus mencermati hal ini dengan baik, jika ingin menjadikan generasi muda ini sebagai konsumen bisnis Anda.

Pilih sesuai karakter anak muda

Menjalankan bisnis memang perlu perencanaan, terutama terkait dengan konsumen yang akan Anda sasar. Hal ini akan berkaitan dengan kesuksesan bisnis yang Anda jalankan, termasuk ketika Anda menyasar generasi milenial maupun generasi Z sebagai konsumen utama. Pastikan Anda memilih jenis bisnis yang tepat dan sesuai dengan karakter mereka, sehingga Anda bisa mendapatkan pasar yang luas. kbc10

Bagikan artikel ini: