27 Mei, Kemenhub luncurkan trayek bus Trans Jawa

Minggu, 19 Mei 2019 | 20:44 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan uji coba trayek bus Jakarta-Surabaya melalui tol Trans Jawa akan diluncurkan pada 27 mendatang. Untuk pengoperasian tahap pertama ini sudah terdapat 7 operator yang akan bergabung.

"Kita pastikan akan launching pada 27 Mei, di mana pemesanan sudah bisa dilakukan pada masing-masing operator. Operatornya ada Rosalia Indah, Sinar Jaya, Harapan Jaya, Lorena, dan lainnya. Di tahap 1 ini ada 7 operator," tutur Ahmad Yani, Direktur Angkutan Jalan Dirtjen Perhubungan Darat Kemenhub, akhir pekan kemarin.

Menurut Ahmad Yani, kurang lebih terdapat 34 bus dari 7 perusahaan otobus yang sudah terdaftar dalam trayek Jakarta-Surabaya ini, ditambah 5 unit bus dari Damri.

Nantinya, konsep bus trans Jawa ini akan mengantarkan penumpang dari Jakarta hingga Surabaya tanpa harus keluar dari jalan tol.

Kemhub pun berharap, penumpang yang berhenti selain ke Surabaya akan diturunkan di rest area, dan menyediakan bus pengumpan (feeder).

"Sementara ini kita meminta mereka untuk berhenti di rest area, nanti akan ada feeder dari perusahaan mereka di tempat pemberhentian tersebut. Sehingga penumpang yang turun, misalnya di Tegal, akan ada yang mengangkut ke Tegal," tutur Ahmad.

Ahmad pun meminta supaya perusahaan otobus menghitung sendiri tarif yang dikenakan kepada penumpang, dan diharapkan tidak melebihi tarif kereta api.

Dia mengatakan, karena bus yang melalui Trans Jawa ini merupakan bus non ekonomi, maka pemerintah tak menetapkan harga. "Selama tarifnya tidak melebihi tarif kereta, maka bisa bersaing," ujarnya.

Lebih lanjut Ahmad mengatakan, bus yang melayani rute Jakarta - Surabaya melalui tol Trans Jawa ini akan terus berlanjut. Dia mengatakan, pihaknya akan terus melihat perkembangan dan permintaan penumpang. kbc10

Bagikan artikel ini: