PLN Jatim terjunkan 1.388 personil untuk amankan listrik saat Lebaran

Selasa, 21 Mei 2019 | 04:12 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur akan menerjunkan sekitar 1.388 personil guna mengamankan listrik saat lebaran Idul Fitri 2019 besok. Mereka terdiri atas 391 pegawai PLN dan sisanya karyawan kontrak atau outsourcing.

Sementara beberapa titik yang menjadi fokus pengamanan dalam distribusi kelancaran listrik di Jatim seperti pada saat sholat Idul Fitri, utamanya hari H Lebaran, adalah tempat ibadah dan pusat keramaian masyarakat.

"Mulai tanggal 5 April 2019 atau hari H kami fokus menjaga tempat ibadah, dan sejumlah kegiatan masyarakat agar pasokan listrik tetap stabil," kata Senior Manager Distribusi PLN Unit Induk Jawa Timur Alam Awaludin di Surabaya, Senin (20/5/2019).

Selain itu, penyiagaan juga dilakukan di 114 unit yang ada di 9 kota dan 29 kabupaten di Jatim, tujuannya untuk mendukung proses kelancaran distribusi ke berbagai tempat.

 

Dengan langkah tersebut, ia berharap tidak akan lagi ada gangguan listrik yang mengakibatkan pemadaman. Apalagi pekerjaan pemeliharaan juga sudah terselesaikan.  “Tidak akan ada perawatan berkala selama Lebaran, tujuannya untuk menjaga kelancaran masyarakat dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri,” tegasnya.

 

Lebih lanjut Alam mengatakan bahwa saat ini beban puncak listrik di Jatim mencapai 5.700 Mega Watt (MW), sedangkan kapasitas daya yang dimiliki 8.000 MW, sisanya daya dikirimkan ke Bali sebesar 340 MW dan Jawa Tengah 1.400 MW. Sementara pada saat lebaran, beban tersebut justru mengalami penurunan yang cukup besar yaitu menjadi sekitar 3.700 MW karena banyaknya industri yang tidak beroperasi atau libur.

Ia berharap, dengan kesiapsiagaan PLN Jatim, masyarakat bisa tenang dan lancar dalam menjalankan aktivitasnya selama Lebaran 2019, sebab personel akan berjaga untuk keandalan pasokan listrik, baik siang maupun malam.

 

Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik untuk melakukan pengecekan terhadap seluruh aliran listrik yang aa di rumahnya. “Beberapa peralatan yang terhubung dengan aliran listrik sebaiknya dimatikan agar pada saat ditinggal mudik agar aman dari kebakaran. Dan bagi yang mudiknya jauh, bayar dulu tagihan listriknya supaya tenang saat mudik,” pungkasnya.kbc6

Bagikan artikel ini: